Hobi

Hari ini ada Gerhana Matahari Cincin, lewat Indonesia?

Fenomena langit menakjubkan, Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021. Sejumlah wilayah di dunia akan dilintasi fenomena tersebut. Lantas, apakah Indonesia juga kebagian untuk melihat Gerhana Matahari Cincin kali ini?

Tapi sebelum itu, ada baiknya kembali mengingat kembali apa itu Gerhana Matahari cincin. Jadi, Gerhana Matahari Cincin sendiri merupakan fenomena saat Bulan menutupi Matahari, dan melintas tepat di tengah piringan Matahari.

Posisi Bulan yang tidak menutupi seluruh pandangan Matahari, membuatnya jadi terlihat seperti cincin api di udara. Fenomena ini tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang, melainkan harus dengan alat bantu.

Gerhana Matahari Cincin. Foto: Jesse Belleque di Unsplash
Foto: Jesse Belleque di Unsplash

Sebab, jika mencoba melihat fenomena tersebut langsung dengan mata telanjang, tanpa alat bantu, maka akan dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Wilayah mana saja yang dilewati?

Seperti yang telah disebut, fenomena tersebut terjadi pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021. Tapi sayangnya, fenomena itu tidak melintasi langit Indonesia. Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Emanuel Sungging Mumpuni mengatakan, fenomena tersebut hanya bisa disaksikan di langit sekitaran wilayah kutub utara.

Melansir laman Space, fenomena Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada hari ini akan melintas di langit Greenland, bagian utara Kanada seperti Pulau Baffin, Pulau Ellesmere dan sekitarnya, dan lautan Arktik.

Selain itu, bagian utara Siberia di Rusia, Amerika Serikat, sebagian wilayah Asia seperti China bagian barat, negara-negara Asia Tengah dan sebagian Eropa akan dapat melihat gerhana secara parsial.

Fenomena langit ini diprediksi akan terjadi hingga 100 menit, dengan ketampakan maksimum pada pukul 17.43 WIB.

Streaming

Gerhana Matahari Cincin. Foto: Young Chuan Tan di Unsplash
Foto: Young Chuan Tan di Unsplash

Meski pada fenomena Gerhana Cincin kali ini Indonesia tidak kebagian, tapi tenang saja karena kamu masih bisa melihatnya secara streaming.

Terdapat beberapa pihak yang menyiarkan langsung secara streaming Gerhana Cincin yang terjadi pada hari ini. Berikut ini adalah tautannya.

  1. Time and Date: Klik di sini untuk streaming.
  2. CosmoSapiens: Klik di sini untuk streaming.
  3. Space Today: Klik di sini untuk streaming.
  4. I-LOFAR: Klik di sini untuk streaming.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close