Trending

Haris Azhar sebut polisi di era Jokowi layani kepentingan rezim: Kalau oposisi yang lapor, lambat kerjanya

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Haris Azhar menyebut bahwa polisi di era Jokowi cenderung melayani kepentingan rezim dan bertindak sangat diskriminatif.

Hal itu disampaikan Haris Azhar saat berbincang dengan ahli hukum tata negara sekaligus pengamat politik, Refly Harun dalam sebuah video YouTube.

Muslima Fest

“Kalau polisi di era rezim Jokowi ini, dia sangat melayani kepentingan rezim. Dia memang penegakan hukumnya itu yang punya dimensi politik itu sangat diskriminatif,” ujar Haris Azhar, dikutip Hops.ID pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Kemudian, Haris Azhar juga mengatakan bahwa polisi cenderung merepons lebih cepat laporan yang dibuat oleh orang bagian dari pemerintahan. Sebaliknya, jika laporan itu dibuat oleh opisisi, maka akan cenderung direspons lebih lambat.

“Laporan akan cenderung cepat diproses oleh kepolisian jika yang melaporkan adalah orang-orang di dalam pemerintahan,” kata dia.

Haris Azhar. Foto: Instagram Haris.
Haris Azhar. Foto: Instagram

“Jadi kalau misalnya kelompok oposisi di luar pemerintah itu bikin laporan pasti enggak langsung atau enggak cepat bekerjanya. Lain halnya bagi orang-orang yang bagian dari pemerintahan, maka itu akan lebih mulus lah,” lanjutnya.

Haris Azhar kemudian memberi contoh dari pernyataannya, dari mulai kasus yang menjerat sejumlah tokoh dalam gerakan 212 maupun mahasiswa yang menolak omnibus law hingga aktivis Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

“Menurut saya banyak, ya, kasus kayak gitu. Pemidanaan orang yang ada di 212 atau di kelompok mahasiswa yang menolak omnibus law itu banyak terjadi. Termasuk KAMI itu juga terjadi,” kata Haris Azhar.

Belakangan, kinerja kepolisian sedang banyak disorot publik akibat ulah segelintir anggota di institusi tersebut. Contohnya adalah anggota polisi yang membanting mahasiswa saat berdemonstrasi di Tangerang.

Ada pula akun Humas Polda Kalteng yang memberi ancaman kepada seorang warganet di Instagram lantaran tersinggung dengan komentar yang dilontarkannya, hingga salah satu anggota polisi yang berpacaran menggunakan mobil patroli.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close