Fit

Harta Putri Diana disebut tak bakal habis, Meghan-Kate kecipratan berapa?

Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle hengkang dari kerajaan Inggris, keduanya dikabarkan hanya membawa harta pribadi mereka dan beberapa tunjangan. Salah satu yang diandalkan Harry adalah warisan dari sang ibu yaitu Putri Diana.

Sebagai putri berdarah bangsawan sejak kecil, Putri Diana disebut-sebut memiliki harta kekayaan yang berlimpah. Bahkan jauh sebelum ia dijodohkan dengan Pangeran Charles. Terlebih lagi ia memiliki beberapa aset penting di kerajaan Inggris. Tapi kira-kira berapa ya, total harta kekayaannya?

Baca juga: Misteri anak ‘rahasia’ Putri Diana dengan pacar Arabnya, Dodi Al-Fayed

Dilansir laman cafemom pada tahun 2020 (dengan kurs saat ini) kekayaan Putri Diana diperkirakan bernilai US$88 juta atau sekitar Rp1,2 triliun. Namun tentu itu terbagi atas beberapa aset dan sebagian besar sudah diwarisi oleh William-Harry, anak-anak baptis Diana, keluarga, pelayan, hingga menantunya yaitu Kate Middleton dan Meghan Markle.

William Kate Meghan Harry
William Kate Meghan Harry Photo: Istimewa

Selain warisan, sumber kekayaan Diana berasal dari Pangeran Charles, apalagi kekayaan Charles disebut sangat bisa menutupi kebutuhan Diana. Setelah bercerai kekayaan Diana mulai meroket.

Menurut berbagai laporan, kekayaan Putri Diana bertambah sekitar US$31,5 juta atau Rp463 miliar (kurs 2020) pada saat kematiannya pada tahun 1997.

Diana tumbuh sebagai Lady Diana Spencer, dan keluarganya dianggap sebagai elit di Inggris. Dia pergi ke sekolah terbaik sebagai seorang anak, dan menjalani kehidupan yang relatif menyenangkan, menerima warisan dalam jumlah yang tidak diungkapkan pada usia 18.

Setelah pindah ke London pada usia 18, dan sebelum menikahi Pangeran Charles, Diana bekerja sebagai guru TK untuk waktu yang singkat. Bayarannya mungkin tidak banyak, tetapi orangtuanya sudah membayari Diana sebuah flat di London, jadi pengeluaran pribadinya akan sangat rendah, dan sisanya masuk ke tabungan.

Sejumlah pengacara dan akuntan kemungkinan menangani keuangannya, tetapi Pangeran Charles jelas sudah memiliki kekayaan lebih besar pada saat mereka menikah. Pada tahun 2020, kekayaan Charles bernilai US$400 juta atau sekitar Rp5,8 triliun (kurs 2020), itu bahkan sebelum Charles menjadi raja.

Putri Diana
Putri DIana Photo: Istimewa

Diana dapat bagian dari harta Charles

Sebagian besar kekayaan Charles berasal dari wilayah kerajaan Cornwall, sebuah perkebunan abad pertengahan yang ia warisi pada usia 21. Wilayah itu yang meliputi real estat dan kepemilikan pertanian.

Charles menggunakan penghasilan dari perkebunan untuk mendukung anggota keluarga dekatnya, yang termasuk Diana selama 15 tahun pernikahan mereka. Bahkan, Pangeran William, Pangeran Harry, dan keluarga mereka masih didukung oleh Cornwall.

Pasca bercerai, Diana mendapat bagian yang cukup besar dari cornwall. Menurut The New York Times, ia menerima sekitar US$22,5 juta atau sekitar Rp331 miliar dan akan dialokasikan sekitar US$600 ribu atau sekitar RP8,8 miliar per tahun untuk biaya bisnis.

Dia juga diizinkan untuk mendapatkan haknya yaitu salah satu apartemennya di Istana Kensington. Karena Diana masih membesarkan kedua anaknya kala itu.

Setelah kematiannya, Diana meninggalkan sejumlah aset berharga termasuk perhiasan, tiara, foto, surat, foto, dan barang pribadi lainnya, termasuk gaun pernikahannya yang laku dilelang.

Aset pribadi Diana ini dirawat sang adik yaitu Charles Spencer hingga putra bungsunya, Pangeran Harry berusia 30 tahun.

Koleksi 150 barang milik Puteri Diana dipajang di Althorp House, salah satu rumah masa kecilnya, setiap musim panas antara tahun 1998 dan 2013.

Pameran ini direncanakan dan diorganisasi oleh kakaknya Charles, dan menurut BBC beberapa disumbangkan untuk yayasan anak di seluruh dunia.

Ibu dan saudara perempuan Puteri Diana ditunjuk sebagai eksekutor surat wasiatnya. Diana menyerahkan aset kepada anak-anaknya, anak baptisnya, dan kepala pelayannya.

Diana memiliki 17 anak baptis pada saat wafatnya, dan 25 persen perhiasan dan harta miliknya seharusnya dimiliki oleh mereka.

William-Harry dapat berapa?

Untuk Harry dan William, keduanya mendapat warisan penuh dari Diana, namun keduanya baru bisa menerima ketika usianya mencapai 30 tahun.

William kala menginjak usia 30 tahun pada 2012, ia mendapat akses ke setengah dari kepercayaan warisan ibunya. Pada saat itu, yang diperkirakan sekitar US$12,5 juta atau sekitar Rp183 miliar warisan itu membuat William menjadi salah satu dari lima anggota terkaya dari keluarga kerajaan Inggris.

Pangeran Harry berusia 30 tahun pada tahun 2014, dan menerima barang-barang pribadi Diana yang telah dipajang di Althorp House yang bila ditotal nominalnya bisa mencapai USD$12,5 juta (sama dengan William). Salah satu gaun paling ikonik Diana dikenal sebagai “gaun John Travolta,” yang terjual senilai US$260 ribu atau sekitar Rp3,8 miliar.

Harry dan William juga telah memberikan sejumlah barang milik Diana kepada istri mereka sendiri. The Duchess of Cambridge, Kate Middleton, menerima cincin pertunangan Putri Diana safir senilai US$370 ribu (Rp5,4 miliar), juga tiara yang belum ditaksir harganya.

Sedangkan Meghan Markle, Duchess of Sussex juga terlihat mengenakan perhiasan Diana, terutama sepasang anting kupu-kupu yang sepertinya disukainya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close