Unik

Hasil X-ray ‘susuk’ di tubuh wanita viral, begini penjelasannya

Baru-baru ini, sebuah akun Instagram membagikan sebuah foto X-ray yang janggal. Pasalnya, dalam hasil X-ray tersebut, terlihat banyak objek ganjil yang diduga merupakan susuk di dalam tubuh wanita berusia 55 tahun. Lantas, bagaimana penjelasan ilmiahnya?

Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Profil keluarga Monica Soraya, si ‘Crazy Rich Jakartan’ yang adopsi 9 bayi

Akun Instagram @tasyabira membagikan temuan menariknya dalam sebuah jurnal ilmiah mengenai fenomena “susuk”. Ia pun membagikan foto hasil X-ray dari seorang wanita berumur 55 tahun yang dipenuhi benda asing diduga susuk.

Unggahan Instagram story @tasyabira Foto: Instagram
Unggahan Instagram story @tasyabira Foto: Instagram

Menurut akun yang sama, susuk dalam bahasa Inggris berati “charm needle” atau jarum yang digunakan untuk membuat orang lain “kesemsem”. Benda tersebut biasanya dipasang oleh “orang pintar” atau ahli supranatural dengan berbagai tujuan, seperti membuat awet muda, sukses, hingga dijauhkan dari bahaya.

Unggahan Instagram story @tasyabira Foto: Instagram
Unggahan Instagram story @tasyabira Foto: Instagram

Sumber yang sama juga menyebut bahwa susuk seringkali terlihat dalam foto X-ray, namun tidak ditemukan jika dibedah. Fenomena ini pun masih menjadi misteri dalam dunia medis. Adapun susuk diduga terbuat dari emas dan tembaga, sehingga mudah dilacak dengan X-ray.

Konon, ada beberapa pantangan yang harus dilakukan si pemakai susuk supaya khasiatnya lebih manjur, seperti dilarang makan pisang jenis tertentu, makan daun kelor, pepaya, labu, dan memakan sate dari tusuknya langsung. Selain itu, pengguna susuk juga dilarang berjalan di bawah jemuran ataupun di dekat lumpur dan becekan.

“Kalo mau lebih sakti lagi ya pantangannya mungkin lebih ngalahin pantangan orang kena diabetes kali ya,” tulisnya pada Kamis, 17 September 2020.

Secara ilmiah, fenomena susuk sendiri sering diartikan sebagai malpraktik. Bahkan, susuk kerap disangka sebagai jarum akupuntur yang tertinggal.

Menurut pengalaman narasumber, susuk biasanya dapat berpindah tempat secara misterius. Selain itu, susuk biasanya “menghilang” manakala dibedah dan ingin diangkat oleh tenaga medis.

Fenomena susuk ini tentunya semakin membuat warganet ngeri sekaligus penasaran. Instagram story tersebut pun telah viral di berbagai platform media sosial.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close