Fit

Hati-hati, 6 Buah ini terlarang bagi penderita diabetes

Penderita diabetes memang harus sangat menjaga makanannya, termasuk konsumsi buah-buahan manis dengan kadar glukosa tinggi. Namun bukan berarti penderita diabetes tak boleh makan buah, hanya saja dipilih buah dengan kadar glukosa tertentu.

Glukosa sangat berpengaruh terhadap lonjakan gula darah pasien diabetes. Karena itu diperlukan kontrol ketat untuk meminimalkan dampak buruk yang mungkin timbul.

Baca juga: Pasien diabetes sulit ereksi, ini cara aman mengatasinya: Dari obat hingga terapi

Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM mengatakan meski manis, namun tidak semua buah mengandung glukosa tinggi.

“Walaupun banyak buah yang manis, tapi tidak semua buah mengandung glukosa. Jadi penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi beberapa buah,” ujarnya dalam sebuah acara konferensi pers Hari Buah Sedunia beberapa waktu lalu.

Diabetes
Diabetes photo: Pixabay

Ia menjelaskan bahwa rasa manis dalam buah terkadung dari gula buah atau fruktosa. Namun ada pula beberapa buah yang kandungan manisnya berasal dari glukosa, sehingga penderita diabetes wajib menghindarinya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa umumnya setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi 10 porsi buah dengan 10 jenis dan 10 warna per hari, tapi untuk penderita diabetes sebaiknya diatur waktu makan buah.

“Misalnya 2 porsi saat makan pagi, 1 porsi sebagai snack, 2 porsi saat makan buah, 3 saat makan malam dan 2 saat menjelang tidur.”

Tak hanya itu, porsi buah juga tergantung dari jenis dan ukuran (besar atau kecil) buah itu sendiri. Misalnya anggur, stroberi, blueberry dengan ukuran sama, satu porsi berisi 5 buah.

“Sementara untuk apel, jeruk, pir, pisang 1 porsi sama dengan 1 buah. Buah ukuran besar seperti semangka dan melon 1 porsi adalah 1 slice dengan potongan sedang,” katanya.

Bagi penderita diabetes, berikut ini 6 buah-buahan yang berbahaya dikonsumsi karena mengandung kadar glukosa tinggi

Durian

Durian punya kadar glukosa, kalori hingga karbohidrat yang tinggi. Misalnya saja dalam 100 gram durian terdapat 27 gram karbohidrat yang bisa diubah tubuh menjadi gula. Selain itu durian juga mengandung alkohol dan memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah.

Pisang. Foto: Grid.id
Pisang. Foto: Grid.id

Pisang

Kandungan karbohidrat pada pisang akan diubah menjadi glukosa di dalam pencernaan. Dengan bantuan insulin, glukosa tersebut akan menyediakan energi untuk beraktivitas. Sayangnya, penderita diabetes punya gangguan hormon insulin. Akibatnya, glukosa kesulitan diubah menjadi energi dan menjadi tinggi kadarnya di dalam darah. Pada satu buah pisang biasanya terkandung sekitar 30 gram karbohidrat. Jumlah ini setara dengan kandungan karbohidrat pada 2 lembar roti.

Mangga matang

Sama halnya dengan buah lain, mangga juga memiliki segala macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Sebab, melansir Times of India, kandungan gula dan kalori pada mangga dapat menambah gula darah pada tubuh. Dalam 100 gram mangga mencapai 15-25 gram. Wah cukup tinggi ya.

Baca juga: Berpotensi kanker, FDA kembali tarik obat diabetes tipe 2 dari peredaran

Nanas matang

Nanas ternyata bukan pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Nanas adalah buah GI (Indeks Glikemi atau kadar gula darah) sedang. Dalam 100 gram nanas, kadar kalori dan karbohidratnya bisa mencapai 20 gram.

Nangka

Kehadiran gula dan serat alami dalam buah dalam nangka sebenarnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes atau menurunkan risiko diabetes. Namun nangka juga mengandung kadar gula yang tinggi, dalam 100 gram nangka kandungan gulanya bisa mencapai 25 gram.

Sawo

Dalam 100 gram buah sawo mengandung tujuh gram gula. Sawo juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi dan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Jadi, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi sawo dalam jumlah tinggi ya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close