Trending

Heboh salat jenazah pakai rukuk, Tengku Zul: Makanya jangan singkirkan tokoh agama

Belakangan jagat maya heboh dengan beredarnya video salat jenazah yang dilakukan petugas penguburan pasien Covid-19. Di mana, ada petugas yang melakukan salat jenazah, namun menggunakan rukuk.

Video salat jenazah pasien Covid-19 pakai rukuk ini pun langsung menjadi viral di sosial media. Banyak orang kemudian menanggapi, salah satunya datang dari Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkarnain.

Baca juga: Keluarga masih yakin Yodi dibunuh, Polisi: Buat apa bohong, tak ada pentingnya

Dalam komentarnya, Ustaz Tengku Zulkarnain menyayangkan aksi salat jenazah memakai rukuk. Dia heran, karena di era teknologi yang serba canggih ini, masih saja ada yang tak paham cara salat jenazah.

Petugas Covid-19 melakukan salat jenazah pakai rukuk. Foto: Twitter.
Petugas Covid-19 melakukan salat jenazah pakai rukuk. Foto: Twitter.

Dia pun mengajak para pemuda Islam untuk belajar agama agar kesalahan serupa tidak terulang lagi. Seperti disitat dari akun Twitter-nya, dia juga meminta para pemuda untuk tidak menyingkirkan peran ulama hanya gara-gara berbeda pandangan politik.

“Wahai Umat Islam, Wahai para pemuda. Belajarlah agamamu sebaik mungkin. Datangi ulama dan para ustaz. Zaman sudah canggih tapi ilmu agama bertambah langka. Bayangkan, salat jenazah saja masih pakai rukuk. Hindarkan dirimu dari menyingkirkan peran tokoh agamamu karena politik,” kata Tengku Zulkarnain melalui akun Twitter-nya, disitat Selasa 28 Juli 2020.

Rukuk di salat jenazah

Sementara itu, berdasarkan pantauan HOPS, dalam video yang beredar, terlihat jelas ada sejumlah petugas Covid-19 berpakaian APD lengkap melakukan salat jenazah. Video ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii.

Salat jenazah itu dilakukan di pemakaman sebelum jenazah dikebumikan, namun belum diketahui secara pasti dimana lokasi salat jenazah tersebut.

“Viral salat jenazah kok ada rukuknya,” tulis akun itu, Senin 27 Juli 2020.

Dalam video tersebut, tampak salah seorang petugas Covid-19 menjadi imam dalam salat tersebut. Sang imam beberapa kali melakukan gerakan rukuk dalam salat jenazah tersebut.

Namun, para petugas Covid-19 lainnya yang menjadi jemaah tidak mengikuti gerakan tersebut. Setelah salat jenazah selesai, para petugas langsung bersiap menguburkan jenazah.

Video tersebut mendadak viral di media sosial. Banyak warganet menyayangkan aksi petugas Covid-19 yang dinilai asal-asalan dalam menyalati jenazah positif Covid-19.

Ilustrasi pemakaman jenazah pasien corona. Foto: Antara/Iggoy el Fitra.
Ilustrasi pemakaman jenazah pasien corona. Foto: Antara/Iggoy el Fitra.

Padahal, salat jenazah sendiri dilakukan dengan empat kali takbir kemudian salam. Tidak ada gerakan ruku ataupun sujud dalam salat tersebut.

Video itu diduga direkam secara sembunyi oleh seseorang dan disebar oleh netizen..

“Viral salah jenazah kok pakai rukuk nya, tempat kejadian belum diketahui, yang jelas di tempat pemakaman. Menurut saya, mungkin yang bersangkutan lupa atau tidak paham. Alangkah baiknya segala sesuatu diserahkan pada ahlinya,” tulis akun @ndorobeii.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close