Trending

Heboh seragam satpam baru jadi mirip polisi, ada makna tersembunyi

Seragam satpamĀ mengalami sejumlah perubahan hingga digadang-gadang mirip dengan seragam milik kepolisian, namun tak sembarang dirombak, ternyata seragam satpam baru itu memiliki makna tersembunyi.

Kapolri Jenderal Idham Azis menginstruksikan perombakan warna seragam satuan pengamanan (Satpam), kini warna seragamnya yang berwarna coklat sekilas menyerupai seragam kepolisian.

Baca juga: Tak kunjung hamil, begini kisah sedih perjuangan seorang istri, ini pesannya

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono menegaskan bahwa perubahan seragam satpam tersebut diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

Tak hanya diganti warnanya, bahkan kini seragam milik satpam dilengkap dengan pangkat layaknya seragam polisi.

“Ada perubahan warna seragam Satpam. Jadi terdapat lima jenis pakaian dinas anggota Satpam disertai dengan pangkatnya,” kata Awi di Mabes Polri, Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin, 14 September 2020. Disadur dari Suara.com.

Lembaga Kepolisian bersama Satpam. Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono memberikan nasi tumpeng ke personel Satpam. Foto: Antara
Lembaga Kepolisian bersama Satpam. Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono memberikan nasi tumpeng ke personel Satpam. Foto: Antara

Ada pun yang dimaksud lima jenis seragam satpam yang mengalami perombakan itu ialah Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Pihaknya pun membeberkan makna terselubung alias filosofi dari warna baru yang disematkan pada seragam satpam tersebut. Warna coklat seragam satpam merupakan warna alami yang terdapat pada warna kayu dan tanah.

Sesuai dengan maknanya, Awi mengatakan, warna bumi itu melambangkan kebersahajaan, kehangatan, keanggunan, kejujuran, ketabahan, hingga pemberi rasa keamanan.

“Bahwasannya untuk filosofi seragam satpam yang warna cokelat muda atau baju, dan cokelat tua untuk celana, dengan makna cokelat identik dengan warna tanah atau bumi kayu yang berarti warna alami. Cokelat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan, fondasi stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman, serta rasa percaya keanggunan, ketabahan, dan kejujuran,” ujarnya Awi.

Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti apel di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Foto: Antara
Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti apel di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Foto: Antara

Oleh sebab itu, pihaknya sengaja membuat kesamaan pada warna antara seragam satpam dengan polisi yang diharapkan mampu menjaga harmonisasi dan kedekatan emosional antara kedua lembaga tersebut.

Di sisi lain, pihaknya menginginkan adanya sebuah rasa kebanggaan serta menambah fungsi kepolisian di tengah masyarakat.

“Filosofi kemiripan seragam satpam dengan Polri diharapkan dapat terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi satpam, menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close