Trending

Jejak herbal Hadi Pranoto: Banyak yang sembuh, izin BPOM sampai perwira TNI AL

Musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji kembali menjadi perbincangan heboh dengan video soal profesor Hadi Pranoto, seorang yang menemukan herbal obat Covid-19. Topik perbincangan herbal Hadi Pranoto langsung meninggi di internet, warganet penasaran siapa sih Hadi Pranoto yang berbincang dengan Anji sampai-sampai si musisi itu memanggilnya sebagai profesor.

Banyak hal yang mengiringi nama Hadi Pranoto lho. Faktanya, si profesor itu sudah menyampaikan soal herbal obat Covid-19 sejak lama, beberapa bulan lalu di media daring, namun baru kali ini selepas wawancara dengan Anji, Hadi Pranoto menjadi sorotan publik.

Baca juga: Kronologi kasus Anji dan Hadi Pranoto, profesor palsu yang digunjing warganet

Gelar profesor

Anji dan Hadi Pranoto
Anji dan Hadi Pranoto Photo: Instagram

Nah salah satu yang menjadi sorotan publik adalah dari mana sih gelar profesor Hadi Pranoto itu muncul.

Penelusutan jejak digital Hadi Pranoto oleh warganet menemukan Hadi Pranoto yang sedang viral ini mirip dengan wajah penyelenggara hajatan sunatan anak di Bogor yang heboh bulan lalu lantaran menghadirkan Raja Dangdut Rhoma Irama.

Warganet menyandingkan foto Hadi Pranoto, profesor yang diwawancarai Anji di Lampung, dengan wajah penggelar hajatan sunatan di Bogor. Banyak warganet yang merasa kedua orang ini wajahnya mirip banget, malah tak sedikit yang meyakini keduanya adalah orang yang sama lho.

Hadi Pranoto pernah meminta maaf kepada publik karena menggelar hajatan di tengah pandemi Covid-19.

Satgas sampai IDI

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (kiri)
Jubir Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (kiri). Foto Dokumen BNPB.

Respons atas viralnya Hadi Pranoto ini membuat institusi seperti Satgas Covid-19 dan Ikatan Dokter Indonesia bereaksi.

Jubir pemerintah soal penanganan corona Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk tidak konsumsi obat Covid-19 dari Hadi Pranoto sepanjang belum terbukti ilmiah menyembuhkan virus tersebut.

Sedangkan IDI menegaskan tak ada kampus yang memberikan gelar profesor dan ahli mikrobiologi atas nama Hadi Pranoto. Malahan IDI meminta kepolisian menelusuri latar belakang akademis Hadi Pranoto.

Adik Via Vallen

via vallen
Via vallen photo: Instagram @Via Vallen

Nah soal tokcer atau tidak herbal Covid-19 Hadi Pranoto ini, pedangdut Via Vallen mengungkapkan adiknya sembuh dari Covid-19 berkat mengonsumsi herbal dari Hadi Pranoto, namun kemudian dia meralatnya bukan dari herbal dari Hadi Pranoto melainkan dari perwira TNI AL Dokkter Suradi. Padahal faktanya Suradi cuma memperkenalkan herbal tersebut ke masyarakat.

Perwira TNI AL

Nah herbal Covid-19 Hadi Pranoto ini menyeret nama perwira TNI AL, Laksma TNI Suradi A.S. Jadi obat herbal Covid-19 temuan Hadi Pranoto ini dipromosikan oleh Laksma Suradi.

Pada April lalu, TNI AL merespons soal kabar Suradi mempromosikan herbal Covid-19. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal, saat itu menyampaikan, berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dispenal, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan.

Kadispenal menegaskan apa yang disampaikan oleh Laksma Suradi sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL dan tidak berkaitan dengan Dinas Kesehatan TNI AL.

Belakangan obat herbal ini telah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM TR203636031 tanggal 14 April 2020, dengan nama Bio Nuswa.

Obat herbal Covid-19 ini sudah diberikan pada pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan malahan sudah dijual daring dengan harga Rp120 ribuan.

Sudah sembuhkan ribuan orang

Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak

Setelah viral herbal Hadi Pranoto dan video wawancaranya dengan Hadi dihapus oleh Youtube, Anji membela diri.

Dia mengatakan berita Hadi Pranoto sudah ada sebelumnya namun tidak begitu menjadi perhatian seperti saat dia mewawancarainya. Anji kritik media yang lebih mempromosikan ketakutan dibanding optimisme untuk sembuh dari Covid-19.

“Saya merasa media lebih sering memberitakan yang jelek-jelek dibanding yang baik hingga orang jadi ketakutan dan paranoid. Tidak banyak diberitakan orang-orang yang sembuh. Atau isu Antibodi Covid-19 ini, yang merupakan karya anak bangsa, yang sudah menyembuhkan ribuan orang,” kata Anji di Intagramnya.

Aji mengungkapkan sudah banyak pihak yang menghubunginya untuk mendapatkan herbal buatan Hadi Pranoto tersebut.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close