Trending

Hobi buka tutup gembok Twitter, Pakar sindir mental Annisa Pohan

Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati menyinggung sikap istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annissa Pohan yang gemar buka tutup gembok Twitter. Hal ini terkait cuitan Annisa yang ikutan menyerang pemerintah terkait pandemi.

Annisa kemudian diserang netizen, sampai kemudian dia memilih mengunci Twitter-nya. Menurut Wasisto, sikap Annisa Pohan yang gemar buka tutup gembok Twitter tentu menandakan ada sesuatu yang terjadi pada dirinya berkaitan dengan suaminya AHY.

Baginya, itu berarti ada ruang privasi yang mulai terganggu dengan serbuan netizen padanya. Padahal idealnya sebagai bagian dari keluarga publik, profilnya sebaiknya terbuka untuk khalayak.

“Kalau kita lihat dia sering buka tutup, menunjukkan ada ruang privasi di hatinya yang terganggu. Atau dia tak tahan melihat kata-kata netzien yang terlalu ekspresif ketika mengutarakan pesan,” kata dia dikutip dalam diskusi daring, Senin 19 Juli 2021.

Annisa Pohan
Annisa Pohan foto: Instagram.

Sebenarnya sebagai manusia biasa, kata dia, tentu sikap yang ditampilkan Annisa sangatlah wajar, manakala tak tahan dengan kritikan. Apalagi Annisa Pohan seorang istri AHY yang bagian dari elite. Di tengah posisi berseberangan dengan Pemerintah, maka preasure yang diterima bakal amat kuat.

Annisa Pohan si istri AHY harusnya lebih tenang

Pada kesempatan itu, Wasisto menyarankan agar ada baiknya Annisa Pohan lebih baik puasa komentar kalau ujung-ujungnya tak terima ketika mendapat banjir kritikan di ruang publik.

Sebab bisa jadi sikap yang kerap dipertontonkan Annisa Pohan ke depan menjadi blunder bagi AHY, Demokrat dan keluarga SBY. Karena terkadang serangan netizen atau buzzer ini kerap dijadikan trik lawan politik untuk melihat apakah ada kelemahan yang diperlihatkan mereka ketika sisi individunya diserang.

“Ada baiknya mereka (istri elite) tidak terlalu aktif, karena bagaimana pun ketika lempar cuitan, status mereka akan dilihat langsung sebagai representasi sebagai elite.”

“Sebaiknya mentalitas ditempa dulu, bisa berpuasa untuk tidak sampaikan opini tertentu yang bisa memancing kritik bagi para netizen kalau dia tidak kuat,” katanya.

AHY dan Annisa Pohan
AHY dan Annisa Pohan foto: Instagram Annisa Pohan

Sebagai trik positioning positif, Wasisto menganjurkan ada baiknya sebagai istri seorang politisi menampilkan aksi mendukung dari sisi lain. Dia mencontohkan istri Gus Dur yang kerap berbicara mengenai pluralisme, lalu istri Jokowi yang acap promosi kerajinan nasional.

Alhasil buah yang diperoleh kemudian adalah apresiasi dari publik. Tidak sekadar nyinyir cenderung kontroversi yang bisa jadi akan jadi polemik.

“Karena kalau sudah begitu rentan diserang,” katanya.

Mirip Ani Yudhoyono

Wasisto lantas menyinggung sikap Annisa yang dibilang mirip-mirip dengan mendiang istri SBY Ani Yudhoyono. Namun jika Ani lebih menahan diri karena pertimbangan protokoler, Annisa justru nampak responsif dan cenderung terbuka membuat perdebatan.

“Dalam konteks ini kemiripan yang ada di beliau ini, saya tangkap mirip dengan Ani Yudhoyono saat menanggapi isu. Tetapi Ani lebih tenang,” katanya.

Adapun, sikap Annisa sendiri kata Wasisto tentu diperngaruhi lingkungannya, apalagi partai yang dipimpin suaminya kini berada di jalur oposisi. Hal ini cenderung mempengaruhi gaya dan komunikasinya di depan publik.

Annisa dinilai Wasisto sebenarnya memiliki motif komunikasi tersendiri. Yakni sekadar menjaga kehormatan suaminya. “Kadangkala dua ruang ini, privasi dan publik bertautan satu sama lain.”

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close