Indonesia ciptakan BBM ramah lingkungan, ketahanan energi dimulai

- Minggu, 19 Juli 2020 | 13:42 WIB
Bahan bakar biodisel
Bahan bakar biodisel


Kemampuan Indonesia dalam mengembangkan bahan bakar ramah (BBM) lingkungan sudah mulai terbukti, Sejak penerapan BBM jenis B-20, B-50 dan kini D100 yang merupakan bbm ramah lingkungan dengan kandungan minyak nabati 100 persen berhasil diciptakan.





Dengan demikian, masalah emisi pada mesin diesel yang diklaim menjadi penyumbang dari pemanasan global akibat polusi udara, mampu diselesaikan dengan penggunaan BBM ramah lingkungan D100, namun sebatas untuk mengurangi emisi yang berdampak ramah lingkungan.





Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Budi Santoso Syarif menjelaskan, dalam uji performa tersebut, bahan bakar yang digunakan adalah campuran D-100 sebanyak 20%, Dexlite sebanyak 50% dan FAME sebanyak 30%.





-
Pengujian bahan bakar D100 Foto: Pertamina




“Menurut hasil uji lab kami, terukur bahwa angka Cetane Number bahan bakar campuran D-100 pada Dexlite dan FAME yang digunakan tersebut mencapai angka minimal 60 atau lebih tinggi dari bahan bakar diesel yang ada saat ini. Demikian juga hasil uji emisi kendaraan menunjukkan Opacity (kepekatan asap gas buang) turun menjadi 1,7% dari sebelumnya 2,6% saat tidak dicampur dengan D-100,” ujarnya.





Baca juga: Pesaing Fortuner segera meluncur: Fitur canggih, harga lebih murah

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

Cheat GTA 5 lengkap untuk PS3, PS4 sampai PC

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:57 WIB
X