Waduh! Reaktor nuklir Chernobyl membara lagi, bisa-bisa picu ledakan

- Selasa, 18 Mei 2021 | 14:55 WIB
Zona radiasi ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina. Foto: Vladyslav Cherkasenko di Unsplash
Zona radiasi ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina. Foto: Vladyslav Cherkasenko di Unsplash


Reaksi nuklir dilaporkan membara lagi di ruang bawah tanah yang tidak dapat diakses, dari pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang kini telah hancur karena ledakan tahun 1986 silam. Ini tentu menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya ledakan lagi di tempat tersebut.





Para peneliti di tempat tersebut telah mendeteksi lonjakan emisi neutron di ruang bawah tanah reaktor nuklir tersebut yang bernama Subreactor Room 305/2.





Ruangan itu penuh dengan puing-puing berat, menyimpan bubur radioaktif uranium, zirkonium, grafit, dan pasir yang mengalir ke ruang bawah tanah pabrik seperti lahar, sebelum mengeras menjadi formasi yang disebut bahan yang mengandung bahan bakar (FCM).





Melansir Livescience, Selasa 18 Mei 2021, kadar neutron yang meningkat menunjukkan bahwa FCM ini sedang mengalami reaksi fisi baru, saat neutron menyerang dan membelah inti atom uranium, yang menciptakan energi.





-
Sisa-sisa ledakan nuklir di Chernobyl, Ukraina. Foto: Dasha Urvachova di Unsplash




"Saat ini, limbah radioaktif membara seperti bara api di tungku berbekyu," kata Neil Hyatt seorang ahli kimia bahan nuklir di Universitas Sheffield di Inggris kepada laman Science.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

Cheat GTA 5 lengkap untuk PS3, PS4 sampai PC

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:57 WIB
X