Deretan mobil merek terkenal ternyata sudah di caplok China

- Kamis, 3 Juni 2021 | 11:48 WIB
MG HS
MG HS


Sebagai negara dengan populasi penduduk mencapai 1,4 miliar orang membuat China saat ini menjadi negara besar khususnya bagi sektor industri otomotif. Tak heran jika banyak produsen otomotif dunia membangun pabrik di pasar mobil terbesar di dunia, dan banyak merek mobil terkenal lain yang kepemilikannya sudah jatuh ke negara ini yakni China.





Tercatat terdapat 4 merek mobil terkenal yang saat ini kepemilikannya sudah berada di tangah perusahaan asal Tiongkok. Meski negara ini juga memiliki banyak industri otomotif lokal yang sudah mendunia dan beberapa masuk pasar Indonesia.





Per tumbuhan pasar mobil di China sendiri pada tahun ini mengalami pertumbuhan sebesar 4 persen meski masih dalam kondisi pandemi. Total penjualan mobil sejak awal tahun 2021 jumlahnya mencapai 21 juta unit kendaraan.





-
Produksi mobil Wuling di Indonesia Foto: Wuling Indonesia




Angka inilah yang kemudian mendukung industri otomotif China mulai merangsek pasar dunia. Bahkan beberapa telah mengambil alih perusahaan mobil merek ternama. Satu diantara merek terkenal tersebut merupakan perusahaan miliki negara tetangga Indonesia.





4 merek mobil terkenal dikuasai China





Diantara merek mobil yang telah dikuasai China, merupakan merek yang telah mengalami pasang surut bisnisnya di Industri otomotif global, dampak ekonomi yang terjadi membuat 4 merek mobil ini harus menjual saham dan kepemilikannya kepada investor asing yakni perusahaan-perusahaan asal China.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

X