Terungkap 15 masalah Aplikasi PeduliLindungi, ternyata belum terdaftar di Kominfo

- Jumat, 10 September 2021 | 13:41 WIB
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara
Aplikasi PeduliLindungi. Foto: Antara


Forum Tata Kelola Internet Indonesia atau Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) mengumumkan hasil analisis mereka terhadap Aplikasi PeduliLindungi. Dari analisis itu, ditemukan 15 masalah pada aplikasi tersebut yang harus segera diperbaiki.





Seperti diketahui, PeduliLindungi merupakan aplikasi yang pemerintah jadikan ujung tombak dalam upaya meredam wabah Covid-19 di Tanah Air. Aplikasi tersebut wajib dipasang di perangkat gadget masyarakat, sehingga memudahkan tracing yang dilakukan pemerintah.





Dari analisis ID-IGF, ditemukan terdapat 15 masalah pada Aplikasi PeduliLindungi. Dari 15 masalah tersebut, 10 di antaranya merupakan masalah dari sisi teknis, sementara 5 lainnya dari sisi tata kelola.





Dari sisi teknis, PeduliLindungi mencantumkan Syarat Penggunaan yang tidak menjamin layanannya selalu bisa diakses serta tidak menjamin data yang akurat dan aman. Kemudian masalah kedua dari sisi teknis adalah tidak menjamin adanya keamanan data jika terjadi akses ilegal.





Dari pantauan reviu di Play Store dan App Store, terlihat pengguna juga mengeluhkan kalau aplikasi tersebut sering hang, boros baterai karena terus meminta GPS aktif 24 jam, terus meminta memasukkan NIK, kesalahan data penerima vaksin dan penerbitan sertifikat vaksin yang cukup lama.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

Cheat GTA 5 lengkap untuk PS3, PS4 sampai PC

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:57 WIB
X