Terlanjur bayar mobil PPNBM 25 persen, kesini konsumen tagih lebihnya

- Minggu, 19 September 2021 | 10:05 WIB
Hondy City Hatchback RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Hops.ID/Dii
Hondy City Hatchback RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Hops.ID/Dii


Insentif Pajak Penambahan Barang Mewah atau PPnBM 0 persen telah diubah pemerintah sejak Agustus 2021, telah menghentikan dan mengubahnya menjadi PPnBM 25 persen.





Namun belakangan pemerintah justru mencabut insentif PPnBM 25 persen, dan menetapkan memberi PPnBM 0 persen untuk pembelian mobil baru. Dengan demikian insentif PPnBM 0 persen bagi mobil baru berlaku kembali hingga akhir tahun 2021.





Lantas bagaimana dengan konsumen yang telah terlanjur melakukan pembelian mobil baru dan telah melunasi pembayaran dengan skema pemberian insentif PPnBM 25 persen.





-
Ilustrasi pembelian mobil dengan PPnBM Foto: Antara




Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu, dalam keterangan tertulis menjelaskan jika konsumen bisa menagih lebih bayar yang telah dilakukan saat pembelian mobil dengan insentif PPnBM 25 persen sebelumnya.





Febrio menegaskan jika kelebihan bayar yang telah dilakukan konsumen selama pembelian bulan September 2021 atau sebelum perpanjangan insentif PPnBM 0 persen bisa di refund ke pengusaha kena pajak yang melakukan pungutan.     

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini

X