Waduh! Suhu Jakarta bakal jadi lebih panas, ini penyebabnya

- Rabu, 22 September 2021 | 10:43 WIB
Transportasi DKI Jakarta
Transportasi DKI Jakarta


Cuaca panas bagi penduduk Jakarta mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, agaknya makanan itu akan bertambah jumlahnya dalam beberapa waktu mendatang. Pasalnya, suhu udara di Jakarta disebut bakal jadi lebih panas 1,4 derajat Celcius.





Hal tersebut disampaikan oleh Peneliti Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Siswanto. Dia menyebut, kenaikan suhu yang lebih panas ini bukan hanya terjadi di Jakarta saja, tapi juga di kota-kota lain di Indonesia.





Peningkatan suhu udara di Jakarta ini ada kaitannya langsung dengan perubahan iklim yang memang sedang terjadi secara global. Krisis iklim yang melanda dunia ini akan juga terasa di Indonesia. Selain menyebabkan hujan dan kekeringan intens, suhu di perkotaan seperti Jakarta juga diperkirakan akan semakin panas.





"Kalau kita lihat kota per kota seperti Jakarta itu akan 1,4 derajat Celcius lebih tinggi, dibandingkan rata-rata global," ujar Siswanto dalam diskusi tentang krisis iklim, dinukil dari HiTekno--jaringan Hops.ID, Rabu 22 September 2021.





-
Suasana Jakarta. Foto: Unsplash




Siswanto menerangkan bahwa kota-kota besar seperti Jakarta, Makassar, Medan, dan Surabaya akan memberi respons berbeda terhadap krisis iklim yang kini sedang berlangsung secara global.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

X