Wajib tahu! Ini waktu-waktu terbaik buat cas HP biar bikin baterai awet

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 21:22 WIB
Ilustrasi HP dicas. Foto: Firstpost
Ilustrasi HP dicas. Foto: Firstpost


Melakukan pengisian daya alias cas baterai HP menjadi salah satu aktivitas yang harus dilakukan saat smartphone kehabisan daya usai digunakan. Terlihat sepele, namun nyatanya aktivitas ini bisa mempengaruhi umur baterai ponsel. Pasalnya, jika baterai rusak, tentu ponsel juga akan menjadi terganggu kinerjanya. Saat ini, masih ada sebagian orang yang tidak paham bahwa charging HP dengan cara yang kurang tepat bisa membuat baterai ponsel jadi cepat rusak. Maka dari itu, perlu diketahui waktu-waktu terbaik untuk mengisi daya baterai HP. Kapan saja waktunya? Simak ulasan berikut.





Saat 10 persen





Ketika daya baterai kamu sudah menunjukkan 10 persen, maka sebaiknya kamu langsung colokkan HP kamu ke kabel pengisi daya. Sisa baterai yang tinggal 10 persen diklaim mampu lebih cepat menyerap daya saat diisi ulang, sehingga proses pengisian daya akan lebih cepat sekitar 15 sampai 30 persen.





Jangan ketika habis





Hindari cas baterai HP saat benar-benar habis, karena itu akan membuat proses isi ulang lebih lama. Membiarkan daya baterai sampai nol persen juga bisa bikin HP cepat rusak dan menurunkan kekuatan baterai. Buat kamu yang masih suka membiarkan baterai sampai 0 dan baru mulai cas HP, sebaiknya kebiasaan itu mulai ditinggalkan yah!





Saat pagi hari





Mengisi daya HP pada pagi hari lebih dianjurkan ketimbang malam hari. Mengapa demikian? Hal ini karena jika kamu mengisi daya pada pagi hari, kamu bisa menunggu penuh sambil melakukan kegiatan lain, seperti sarapan atau mandi.





Sedangkan cas HP pada malam hari dan meninggalkannya saat tidur hanya akan membuat baterai overcharging, sehingga bisa memperpendek umur baterai HP kamu. Hal ini dikarenakan baterai smartphone itu sebenarnya memiliki batasan charge alias charge limit. Nah, jika sudah melampaui batas itu, maka performa baterai bakal turun dan usianya berkurang.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

Honda PCX 160 bekas harga menarik cuma bayar Rp5 juta

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:25 WIB

Edan! China bangun bulan buatan, tujuannya untuk ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 11:28 WIB
X