Kerajaan terlupakan sebelum Islam digali di Saudi: Tarik minat wisatawan non muslim

- Rabu, 3 November 2021 | 15:30 WIB
Penggalian sisa-sisa Kerajaan Dadan dan Lihyan di Arab Saudi. Foto: Reuters
Penggalian sisa-sisa Kerajaan Dadan dan Lihyan di Arab Saudi. Foto: Reuters


Di tengah gurun gersang dan Pegunungan Al Ula di barat laut Arab Saudi, para arkeolog sedang menggali sisa-sisa Kerajaan Dadan dan Lihyan yang kuno dan telah lama terlupakan orang banyak.





Al Ula, salah satu destinasi wisata unggulan Arab Saudi, dikenal dengan Madain Saleh, sebuah kota berusia 2 ribu tahun yang diukir di bebatuan oleh orang Nabatean, orang-orang Arab sebelum turunnya Islam. Orang-orang ini juga yang membangun Kota Petra yang terkenal di Yordania.





Sebuah tim arkeolog Perancis dan Saudi saat ini sedang fokus pada penggalian lima situs terdekat yang terkait dengan peradaban Dadanite dan Lihyanite, kerajaan penting yang berkembang lebih dari 2 ribu tahun lalu.





"Ini adalah proyek yang benar-benar mencoba untuk membuka misteri peradaban ini," kata Abdulrahman Al Sohaibani yang memimpin misi arkeologi tersebut, dilansir Reuters, 3 November 2021.





-
Madain Saleh, kota kuno mirip Petra di Yordania. Foto: Madain Project




Kerajaan Dadan disebutkan dalam Kitab Perjanjian Lama, dan Kerajaan Lihyanite adalah salah satu yang terbesar pada masanya, membentang dari Madinah di selatan hingga Aqaba di utara di Yordania.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

Cheat GTA 5 lengkap untuk PS3, PS4 sampai PC

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:57 WIB
X