Balapan pertama di Arab Saudi, Hamilton: Apa saya nyaman di sini? Tidak!

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:07 WIB
Lewis Hamilton.
Lewis Hamilton.


Juara dunia Formula 1 musim 2021, Lewis Hamilton akan menjalani balapan pertama di Jeddah, Arab Saudi pada akhir pekan ini. Meski sudah berada di lokasi, namun Hamilton mengaku tak nyaman balapan di negara dengan mayoritas muslim tersebut. Lantas, mengapa demikian?





Hamilton merupakan salah satu pembalap yang memiliki perhatian lebih terhadap isu-isu seputar hak asasi manusia (HAM). Menurutnya, Arab Saudi menjadi negara yang selama beberapa tahun terakhir kerap melakukan pelanggaran terhadap HAM. Itulah mengapa, dia merasa tak nyaman berada di sana.





“Apakah saya merasa nyaman di sini (Saudi)? Saya tidak bakal bilang saya nyaman. Tetapi bukan saya yang memilih untuk berada di sini, olahraga (F1) telah mengambil pilihan untuk berada di sini,” ujar Hamilton, dikutip Hops dari The Guardian, Sabtu 4 Desember 2021.





-




Hamilton secara khusus menyoroti hukum Saudi yang menurutnya mendiskriminasi kelompok LGBTQ. Bahkan, untuk menyampaikan dukungannya terhadap mereka, pembalap asal Inggris tersebut akan mengenakan helm khusus, yakni bermotif pelangi di Formula 1 Jeddah.





“Di balapan terakhir di Qatar, Anda melihat helm pelangi yang saya pakai. Saya bakal mengenakan itu lagi di sini dan di balapan berikutnya, di Abu Dhabi karena ini adalah sebuah isu,” terangnya.

Halaman:

Editor: Jalaludin Rumi - Hops.ID

Tags

Terkini

X