Gunakan Hazard saat hujan berbahaya, begini penjelasan brand ambassador Mitsubishi

- Selasa, 14 Desember 2021 | 23:01 WIB
Hazard
Hazard

Kebiasaan pengemudi saat turun hujan tak lain menyalakan lampu hazard atau lampu untuk kondisi darurat yang ada pada setiap mobil. Namun penting diketahui jika perilaku menyalakan hazard di jalan raya saat turun hujan sangat tidak direkomendasikan karena berisiko menimbulkan kebingungan dan kecelakaan untuk risiko fatalnya.

Dijelaskan Rifat Sungkar selaku brand ambassador Mitsubishi, jika banyak pengemudi di Indonesia salah kaprah terhadap penggunaan lampu hazard yang selalu dinyalakan saat hujan turun. Pemahaman bagi banyak pengemudi, lampu hazard dinyalakan sebagai signal posisi kendaraan untuk memantau jarak pandang pengemudi kendaraan di belakangnya.

Namun hal tersebut, dijelaskan Rifat dalam MMKSI virtual interview, jika kendaraan yang menggunakan hazard saat hujan turun akan sangat membingungkan pengemudi di belakangnya. Sehingga saat hujan turun pengemudi tidak perlu menyalakan hazard untuk keamanan.

-
Bahaya Hazard saat hujan turun Foto: Mitsubishi

“Fungsi hazard merupakan signal atau tanda darurat pada kendaraan untuk memberi tahun pengemudi atau pengguna jalan lain, namun pengaktifannya tidak boleh dilakukan saat kondisi mobil sedang berjalan,” ujar Rifat Selasa 14 Desember 2021.

Lebih lanjut dijelaskan, jika lampu hazard standar pengoperasiannya dinyalakan saat mobil sedang diam, dimana pengemudi lain mengetahui jika mobil dalam keadaan bermasalah. Hal inilah yang menjadikan lampu darurat ini sebagai simbol atau komunikasi dengan pengemudi lain yang melintas di jalan raya ataupun jalan bebas hambatan.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

Mahalnya biaya perawatan rutin mobil Tesla

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:25 WIB