Tak disangka! Hal kecil ini bikin WiFi jadi pintu masuk hacker, bisa kuras saldo rekening

- Selasa, 18 Januari 2022 | 11:54 WIB
Router WiFi (The Sun)
Router WiFi (The Sun)

Hops.ID – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa separuh dari pengguna WiFi tidak pernah mengubah pengaturan default alias pengaturan bawaan dari pabrik pada router WiFi mereka.

Para ahli di raksasa keamanan siber, Avast memperingatkan bahwa hal tersebut dapat membuat pengguna rentan disusupi peretas alias hacker. Jika hacker sudah masuk, maka mereka dapat dengan mudah menebak kode kredensial.

Jika seorang hacker mengetahui kata sandi jaringan WiFi, mereka juga dapat menggunakan koneksi internet untuk melakukan hal apapun yang mereka inginkan. Mulai dari menggunakan data untuk melakukan streaming video, download file hingga melakukan aktivitas ilegal lainnya, seperti mencuri uang di rekening si pemilik WiFi.

Baca Juga: Doa sesudah sholat tahajud lengkap dengan zikir, insyaallah keinginan cepat dikabulkan

Untuk mengetahui berapa banyak orang yang masih menggunakan kredensial router default mereka, situs perbandingan BroadbandGenie mensurvei 1.320 pengguna broadband.

Ilustrasi internet. (The Indian Express)

Dari survei tersebut, BroadbandGenie menemukan bahwa setengah dari pengguna internet tidak pernah mengubah pengaturan default bawaan pabrik di router WiFi rumah mereka.

Secara mengejutkan, 87 persen responden mengatakan tidak pernah mengubah nama tampilan jaringan WiFi mereka dan 84 persen mengatakan tidak pernah mengubah kata sandi admin router mereka.

Ketika ditanya mengapa mereka tidak mengubah kredensial mereka, satu dari tujuh responden mengatakan mereka tidak tahu mengapa mereka perlu mengubah pengaturan pada router WiFi rumah mereka.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: The Sun

Tags

Terkini

Lirik lagu Penantian oleh Last Child

Kamis, 26 Mei 2022 | 09:52 WIB