Waduh! Inti Bumi mendingin lebih cepat, dunia bakal kiamat?

- Kamis, 20 Januari 2022 | 10:41 WIB
Ilustrasi penampakan Bumi dari luar angkasa. (Popular Science)
Ilustrasi penampakan Bumi dari luar angkasa. (Popular Science)

Hops.ID – Sebuah laporan terbaru menyatakan bahwa inti Bumi mendingin lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya oleh para ilmuwan.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan di benak orang-orang, apakah ini berarti dunia bakal kiamat? Atau berapa lama lagi manusia dapat hidup di Bumi?

Menukil USA Today, Kamis 20 Januari 2022, sejauh ini ilmuwan mengatakan belum mengetahui pasti tentang waktu pendinginan inti Bumi, yang pada akhirnya bisa mengubah Bumi menjadi padat, mirip dengan Mars atau Merkurius.

Tetapi sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Earth and Planetary Science Letters, berfokus pada seberapa cepat inti Bumi dapat mendingin dengan mempelajari bridgmanite.

Baca Juga: Ivan Gunawan suruh Bilqis cuci piring bekas makannya, Ayu Ting Ting: Ngapain lu nyuruh anak gua susah!

Bridgmanite adalah mineral penghantar panas yang biasa ditemukan di batas antara inti dan mantel Bumi.

Ilustrasi penampakan Bumi dari luar angkasa (Pexels)

Batas antara inti luar Bumi dan mantel Bumi adalah tempat interaksi panas internal planet itu ada. Tim ilmiah mempelajari seberapa baik bridgmate dalam menghantarkan panas dapat memiliki implikasi besar bagi planet ini.

Peneliti mencoba menyinari satu kristal bridgmanite dengan laser, lalu secara bersamaan meningkatkan suhunya menjadi 2.166 derajat Celsius dan tekanan hingga 80 gigapascal.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: USA Today, New Atlas, Science Alert

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak perbandingan konsumsi BBM xl7 vs Rush

Minggu, 15 Mei 2022 | 08:45 WIB