Beli mobil bekas jangan sampai rugi, ikuti 4 tips ampuh ini

- Jumat, 21 Januari 2022 | 18:11 WIB
Pembeli lakukan tes drive sebelum membeli mobil bekas (Dok. CARRO)
Pembeli lakukan tes drive sebelum membeli mobil bekas (Dok. CARRO)

Hops.ID - Mobil bekas bersertifikasi menjadi salah satu alternatif paling jitu untuk memiliki kendaraan pribadi. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membeli mobil bekas.

Salah satu keuntungan dari mobil bekas bersertifikasi adalah harga mobil dan pajak yang lebih terjangkau namun kualitasnya hampir sama dengan mobil baru. Dengan sertifikasi dan pengecekan yang ketat, kondisi mobil bekas pun bisa didapat layaknya baru.

Meski demikian, membeli mobil bekas juga merupakan tantangan yang tak mudah. Pasalnya, kerap kali kondisi mobil bekas tidak sesuai dengan apa yang tertera di iklan, atau yang penjual terangkan.

Misalnya, kualitas mobil yang tak sebanding dengan uang yang dikeluarkan, harga mobil yang terlampau tinggi, surat-surat yang tak lengkap, ada kerusakan yang tak diinfokan, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, setidaknya ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan disiapkan sebelum membeli mobil bekas agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti dalam keterangan yang diterima Hops.ID, berikut empat hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari kerugian saat membeli mobil bekas:

Survei menyeluruh

Ilustrasi mobil bekas (Ist)

Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan survei. Pertama, cari tahu harga pasar dari mobil bekas yang Anda taksir dan coba membandingkan dengan kandidat lainnya demi mendapatkan harga terbaik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu informasi terkait sang penjual mobil bekas. Cari tahu rekam jejak transaksinya dan baca testimoni dari pelanggan-pelanggan yang pernah membeli mobil darinya. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan aman.

Cek kelengkapan surat dan asuransi mobil

Penjualan mobil bekas (Ist.)

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: CARRO

Tags

Terkini

Simak perbandingan konsumsi BBM xl7 vs Rush

Minggu, 15 Mei 2022 | 08:45 WIB