Modifikasi truk penabrak di Balikpapan bikin tepok jidat, KNKT bereaksi begini

- Selasa, 25 Januari 2022 | 12:31 WIB
Truk tronton yang tabrak di kecelakaan Balikpapan (Pikiranrakyat.com)
Truk tronton yang tabrak di kecelakaan Balikpapan (Pikiranrakyat.com)

Hops.ID-Hasil investigasi sementara yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan bersama tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan adanya kejanggalan pada truk angkut penabrak di Balikpapan.

Dalam temuan tersebut, KNKT merilis adanya modifikasi pada sumbu roda di truk Nissan Diesel yang menjadi maut melayangnya pengguna jalan di lampu merah Simpak Rapak, Balikpapan Kalimantan Timur.

KNKT menyebutkan jika sudah ada perubahan pada konfigurasi sumbu roda yang pada data pabrikan memiliki standar 1-1 yang kemudian diubah menjadi 1-2-2. Baca Juga: KNKT temukan pelanggaran pada truk tronton penyebab kecelakaan di Simpang Rapak, Balikpapan ternyata..

Perubahan yang ditemukan ini, bahkan disebutkan bisa menjadi penyebab dari terjadinya kecelakaan truk yang berdasarkan pengakuan sopir, terjadi gagal pengereman.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, temuan tersebut akan terus dilakukan ivestigasi terhadap perubahan dan perangkat lain yang menyebabkan truk mengalami kendala teknis.

Potret angkot yang tertabrak truk tronton di Balikpapan (Foto: Instagram)

"Dari hasil temuan sementara, adanya tambahan rear over hang (ROH)," ujar Budi Setiyadi, seperti dikutip Hops.ID dari laman PMJ News, Selasa, 25 Januari 2022. Baca Juga: Sopir truk usaha keras tidak terjadi kecelakaan Balikpapan, lakukan 2 hal ini tapi...

Selain itu, kata dia, pada truk tersebut terjadi perubahan konfigurasi sumbu ban dari 1-1 menjadi 1-2-2, ungkapnya.

Menurutnya, temuan tersebut menunjukan ketidaksesuaian dengan spesifikasi asli kendaraan (truk).

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Terkini

Simak perbandingan konsumsi BBM xl7 vs Rush

Minggu, 15 Mei 2022 | 08:45 WIB