Sepak bola Indonesia disebut bakal jadi Brazil-nya ASEAN, mungkinkah?

- Jumat, 18 Februari 2022 | 07:16 WIB
Egy Maulana Vikry, Pemain Indonesia pada kesebelasan Fortuna Liga, Slovakia, Eropa Timur. (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)
Egy Maulana Vikry, Pemain Indonesia pada kesebelasan Fortuna Liga, Slovakia, Eropa Timur. (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)
 
Hops.ID - Mulai banyak daftar pemain sepak bola Indonesia yang ke luar negeri. Hal ini memunculkan animo tinggi masyarakat tentang masa depan sepak bola Indonesia
 
Terhitung ada nama-nama yang sudah merumput dalam beberapa tahun terakhir. Masing-masing bermain di liga Eropa maupun Asia. 
 
Pemain yang berlaga di luar negeri
 
Di antara deretan pemain, sebagian besar banyak yang merumput di Eropa Timur. 
 
Sebut saja seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, Fk Senica, tim kesebelasan asal Slovakia. 
 
 
Adapun di Bosnia ada Naufal Khairullah, Ronal Setmot, Nur Yufa, memperkuat klub Fk Borac Kozarska Dubica. Di klub lain, Fk Zeljeznicar Banjaluka, ada Iner Sontani dan Ahmad Yani. Kedua klub merupakan kasta kedua di liga Bosnia-Herzegovina.
 
Di Kroasia, David Maulana menjalankan musimnya di klub Pomorac 1921 tim liga tiga.
 
Terbaru, Rafly Asrul, jebolan Garuda Select, menjalankan trial di U-19 klub kesebelasan Yunani, Atromitos FC.
 
Tak hanya di Eropa Timur, ada dua nama wonderkid lain yang berkarir di Eropa Barat. Bagus Kahfi di FC Utrecht, klub asal Belanda dan Elkan Bagot di Ipswichtown, Inggris.
 
Sudah ada dua pemain timnas yang berkarir di Korea Selatan, Asnawi Mangkualam. (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)
 
 
Sementara di Asia, sudah ada dua pemain timnas yang berkarier di Korea Selatan, yaitu Asnawi Mangkualam, Ansan Greneers. Sedangkan Pratama Arhan, bermain di Liga Jepang, Verdy Tokyo. 
 
Indonesia diharapkan jadi Brazil-nya ASEAN
 
Dari daftar pemain Indonesia tersebut, pencinta sepak bola Indonesia berharap tiap tahun akan semakin banyak lagi pemain muda mengikuti jejak seniornya ke luar negeri. 
 
Menariknya, salah satu akun instagram @football.noise menyebut bahwa masa depan sepak bola Indonesia akan mirip seperti Brazil, Amerika Latin.
 
"Semoga Indonesia jadi Brazil nya ASEAN," tulis akun yang konsisten menyoroti perkembangan sepak bola Indonesia.
 
 
Menurutnya, Brazil adalah negara dengan eksportir pemain sepak bola terbanyak ke liga-liga di dunia. 
 
"Pemain indonesia semoga bisa nyebar ke banyak negara. Benua Asia maupun Eropa," tambahnya seperti di unggah pada 17 Februari 2022.
 
Unggahan tersebut mendapat banyak sorotan netizen. Mereka ikut senang bila sepak bola Indonesia maju, ditambah migrasi besar-besaran pemain Indonesia menjajal negara-negara dengan liga top Dunia. 
 
Menanggapi unggahan tersebut, pemilik akun @gdegloryy memiliki keyakinan serupa bahwa prestasi sepak bola Indonesia beberapa tahun yang akan datang bisa menyerupai Brazil, alias pengirim pemain terbanyak di ASEAN. 
 
 
"Yakin sih Indonesia jadi Brasilnya Asean kl tetep konsisten kirim pemain ke luar negeri," tukasnya berkomentar.
 
Karena itu tidak sedikit netizen yang menyodorkan daftar negara-negara untuk calon pemain Indonesia sebagai medan tujuannya. 
 
Seperti Australia, Belgia, Belanda, Norwegia dan juga Kasta tertinggi Asia, Korea Selatan dan Jepang.
 
Sementara itu, saking senangnya netizen atas keberanian pemain Indonesia ke luar negeri. Sampai-sampai ada komentar lain menyarankan, supaya PSSI membuat regulasi berupa prasyarat gabung timnas. Yakni harus bermain di luar negeri. 
 
"Harus PSSI sebagai induk organisasi bikin syarat kalau mau masuk timnas, minimal main di luar Indonesia, biar banyak yang abroad," tulis oleh pemilik akun @jaenalzs di kolom komentar.
 
Sementara itu, salah satu pemilik akun Instagram @ahmadufaiz berharap "Semoga saja kita hidup melihat pemain Indonesia main di liga itu." ucapnya.***
 

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin beli mobil bekas? Perhatikan hal penting ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:56 WIB