Mahalnya biaya perawatan rutin mobil Tesla

- Kamis, 19 Mei 2022 | 18:25 WIB
Ilustrasi perawatan rutin mobil Tesla. (Autoevolution.)
Ilustrasi perawatan rutin mobil Tesla. (Autoevolution.)

Hops.ID - Selama ini, dunia mengenal mobil listrik Tesla sebagai produk premium dengan banderol selangit. Itulah mengapa, hanya kalangan tertentu saja yang sanggup membeli unitnya.

Menariknya, selain produk kendaraan, harga suku cadang dan biaya servis mobil Tesla juga cenderung mahal. Lantas, untuk perawatan rutin, berapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik mobil?

Diketahui, sejumlah komponen yang tersemat di tubuh mobil listrik berbeda dengan mobil bermesin bensin. Namun, ada beberapa bagian di kendaraan nonemisi tersebut yang memerlukan semacam pelumasan.

Baca Juga: Tesla dipastikan mulai investasi di Indonesia tahun ini, berapa nilainya?

Kabin Tesla Model 3

Dilansir Hops.ID dari laman Autoevolution, Kamis 19 Mei 2022, pemilik kendaraan listrik memang tidak perlu melakukan pergantian oli, akan tetapi mereka perlu melumasi kaliper rem setiap tahunnya, atau setelah 20 ribu kilometer perjalanan—tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Biaya Perawatan Rutin Mobil Tesla

Menurut keterangan dari laman yang sama, pemilik mobil Tesla Model 3 mengaku menghabiskan biaya penggantian oli Rp600 ribuan untuk tiga kali pelumasan kaliper.

Sementara untuk penggantian ban rutin, dia harus merogoh dana sekira Rp16,5 jutaan. Nominal tersebut tentu masuk akal, mengingat karet bundar yang digunakan di mobil listrik Tesla berjenis khusus, yakni Michelin Primacy MXM4.

Biasanya, pergantian tersebut dilakukan setelah mobil menempuh perjalanan 48 ribu sampai 50 ribu kilometer. Ban kendaraan listrik sejatinya memang lebih cepat haus ketimbang kendaraan konvesional. Itulah mengapa, pemiliknya dituntut terus memantaunya.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: autoevolution.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini