Polisi tegaskan plat nomor putih ada spesifikasi khusus, dilarang beli online

- Selasa, 24 Mei 2022 | 11:00 WIB
Plat nomor putih
Plat nomor putih

Hops.ID - Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menerapkan penggunaan plat nomor putih kendaraan. Sayangnya saat ini banyak masyarakat yang justru menggunakan plat nomor putih yang dibeli secara online.

Temuan adanya penggunaan plat nomor putih kendaraan juga didasari adanya penjualan yang dilakukan secara online. Masyarakat pun membeli plat nomor putih tersebut dan digunakan pada kendaraannya.

Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus secara tegas meminta kepada masyarakat untuk tak sembarangan membeli pelat nomor putih secara online.

Baca Juga: Plat nomor putih mulai diterapkan, segini biaya yang dikenakan pemilik kendaraan

Karena plat nomor putih kendaraan hanya dikeluarkan oleh Korlantas Polri dan tidak diperjual belikan secara online seperti yang terjadi saat ini.

Dijelaskan Yusri, plat nomor putih kendaraan selain memiliki spesifikasi khusus dan rahasia pada plat nomor yang tidak ada pada plat nomor putih yang dijual online.

Pelat nomor putih yang akan dikeluarkan oleh polisi memiliki spesifikasi khusus, berbeda dengan yang dijual secara online.

Baca Juga: Pakai sirene hingga plat nomor bodong, begini kronologi aksi kejar-kejaran mobil Daus Mini dan polisi

Spesifikasi khusus ini merupakan rahasia ampuh agar pelat bisa terdeteksi oleh kamera electronic traffic law enforcement (ETLE).

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini