5 Aspek Yang Harus Diperhatikan Saat Interview Kerja, Jangan Lakukan Hal ini Kalau Tidak Ingin Terus Meganggur

- Selasa, 24 Mei 2022 | 21:47 WIB
Ilustrasi wawancara kerja
Ilustrasi wawancara kerja

Hops.ID – Interview kerja bagi sebagian orang merupakan proses yang begitu meneganggkan, maka tak sedikit diantara kita yang merasa gugup, sehingga tidak bisa menjelaskan diri kita dengan baik ke Human Resource Development ( HRD ).

 

Proses Interview kerja merupakan tahapan yang biasa dilakukan oleh perusahaan sebelum merekrut serorang karyawan. 
 
Pada dasarnya saat interview kerja seorang calon karyawan akan dimintai keterangan oleh HRD mengenai Identias pribadi, Pendidikan, skill atau kemampun dan menanyakan pengalaman pekerjaannya.
 
 
Akan tetapi, saat proses interview kerja ada banyak hal yang menjadi penilaian dari seorang HRD terhadap calon karyawan yang sedang direkrutnya.
 
Lantas hal apa saja yang harus kita perhatikan saat interview kerja agar HRD tertarik untuk merekrut kita dan bergabung bersama perusahaan yang sedang kita lamar.
 
Berikut ini Hops.ID terlah mengutip dari kanal Youtube Eza Hazami pada Selasa 24 Mei 2022 Mengenai 5 aspek yang harus diperhatikan saat interview pekerjaan.
 
 
1. Outfit
Aspek pertama yang harus diperhatikan saat interview kerja yaitu outfit atau pakaian yang kita kenakan saat interview kerja tersebut.
 
Bagaimana tidak, dengan kita menggunakan pakaian yang rapih bersih dan wangi, hal itu akan menjadi nilai tambah bagi HRD saat akan merekrut kita.
 
Terlebih ketika pihak perusahaan memerintahkan kita untuk mengenakan pakaian dengan warna dan model tertentu kita harus senantisa mematuhinya.
 
 
2. Attitude
Aspek kedua yang harus diperhatikan saat interview kerja yaitu ettitude atau cara kita bersikap.
 
Ketika saat pertama kali bertemu dengan HRD kita harus menunjukan sikap yang ramah dan sopan.
 
Sehingga pihak HRD akan merasa dihormati dengan sikap yang kita tunjukan kepadanya.
 
 
Minimal dari selama interview tersebut jangan menunjukan sikap yang arogan atau gestur yang tidak menghargai pihak rekrutment.
 
3. Communication
Aspek yang ketiga yang harus diperhatikan saat interview yaitu cara kita berkomunikas.
 
Dengan kata lain, ketika berkomnikasi dengan HRD kita harus mengatur ritme suara, jangan terlalu cepat ataupun terlalu pelan.
 
 
Gunakan nada bicara yang sesuasi dengan intonasi yang jelas, maka hal itu akan menunjukan kualitas komunikasi kita kepada pihak HRD.
 
4. Kompetensi dan Skill
Kompetensi dan skill yang kita miliki akan menjadi bahan pertimbangan HRD untuk merekrut calon karyawan pada suatu perusahaan.
 
Oleh karena itu sebelum memutuskan melamar kerja pada sebuah perusahaan kita harus menyesuaikan terlebih dahulu kompetensi yang kita miliki dengan posisi yang kita akan lamar pada perusahaan tersbeut.
 
 
5. Antusiasme
Aspek yang terkhir yang harus kita perhatikan saat interview kerja yaitu antusiasme.
 
Ketika melakukan proses interview kerja kita harus menunjukan antusias atau ketertarikan terhadap posisi yang kita lamar kepada pihak HRD.
 
Minimal tunjukan semangat dan motivasi kita saat melakukan interview tersbeut sehingga HRD akan lebih tertarik kedapa calon karyawan yang sedang direktutnya.***

Editor: Intan Afrida Rafni

Sumber: Youtube Eza Hazami

Tags

Artikel Terkait

Terkini