Pemerintah Malaysia bakal wajibkan motor baru pakai teknologi pengereman ABS

- Jumat, 27 Mei 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi Naik Motor di Malaysia. (Straitstimes)
Ilustrasi Naik Motor di Malaysia. (Straitstimes)

Hops.ID - Pemerintah Malaysia sebentar lagi akan mewajibkan seluruh motor baru menggunakan sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS. Sebab, menurut mereka, fitur tersebut mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya celaka.

Dilansir Hops.ID dari laman iMotobike, penyeragaman teknologi tersebut akan berlaku untuk seluruh motor baru dengan kapasitas 150cc atau lebih di Malaysia. Setidaknya hal itu yang baru-baru ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) setempat, Datuk Seri Wee Ka Siong.

Baca Juga: Honda Tapas resmi meluncur, tampang klasik harga Rp17 jutaan

Menurut Menhub Ka Siong, studi untuk implementasi mandat baru saat ini tengah berlangsung, dan sedang ditangani Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia.

"Dengan adanya wajib pemasangan ABS nantinya diharapkan keselamatan sepeda motor semakin meningkat dan kemungkinan kematian semakin berkurang," ujar Wee Ka Siong, dikutip Jumat 27 Mei 2022.

Cara kerja rem ABS pada sepeda motor

Studi komprehensif terkait pemasangan rem ABS pada semua motor di Malaysia akan melibatkan perwakilan dari masyarakat sepeda motor, industri manufaktur, dan juga pakar keselamatan yang berkompeten.

Menurut studi yang sedang dilakukan oleh MIROS, pengereman yang tidak efektif, serta menjatuhkan sepeda saat mencoba menghindari atau menghindari rintangan merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan sepeda motor di Malaysia.

Itulah mengapa, pemerintah setempat akhirnya mengkaji kemungkinan fitur ABS dipakai di seluruh motor baru yang dipasarkan di Negeri Jiran.

"Sistem pengereman yang tidak efektif adalah salah satu penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, penggunaan sistem pengereman yang lebih baik dan efektif sangat dianjurkan dan didorong dalam pencarian solusi untuk mengakhiri kecelakaan sepeda motor," lanjut dia.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: imotobike

Tags

Artikel Terkait

Terkini