Bukti pelanggaran lalu lintas tinggi, Korlantas sampai kumpulkan denda sebanyak Rp639 miliar

- Minggu, 19 Juni 2022 | 08:02 WIB
Kombes Pol Tora serta Founder JDDC Jusri Pulubuhu saat bincang santai bersama Forwot (Mufrod)
Kombes Pol Tora serta Founder JDDC Jusri Pulubuhu saat bincang santai bersama Forwot (Mufrod)

Hops.id - Penindakan Electronic Traffict Low Enforcemen menjadi efektif guna membangun kesadaran berlalu lintas aman di jalan raya dengan adanya penindakan atau tilang elektronik.

Kepala Sub Direktorat Standar Cegah dan Tindak Direktorat keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Pol Mohammad Tora mengungkapkan penerapan tilang elektronik sangat efektif dan diharapkan membuat pengguna jalan semakin sadar berlalu lintas aman di jalan raya.

Dijelaskannya, sejak penerapan ETLE jumlah pelanggar dan sanksi administratif yang diberlakukan berupa denda sangat banyak. Dibandingkan sebelum dan sesudah penerapan ETLE, polisi berhasil menilang 120.733 pelanggar.

Baca Juga: Arus lalu lintas lancar, Sistem One Way di Tol Jakarta-Cikampek ditutup

"Jumlah setelag pemberlakuan ETLE meningkat jumlah pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan raya mencapai Rp1.771.243 pelanggaran," ungkap Tora dalam bincang santai lalu linta pasca pandemi yang didaadakan Forwot.

Dari jumlah pelanggaran yang meningkat tersebut, jumlah denda yang terkumpul akibat pelanggaran penggun jalan raya dari sebelumnya sekira Rp53 milliar.

Jumlah tersebut akhirnya naik menjadi Rp639 miliar setelah penerapan ETLE. Seluruh denda tersebut menjadi salah satu pendapatan negara dari masyarakat yang melakukan pelanggaran di jalan raya.

Baca Juga: Deretan kasus kecelakaan di Sungai Aare Swiss, ada kasus pada Maret 2022!

"Setelah adanya ETLE, negara mendapat keuntungan dari para pelanggar lalu lintas dan perilaku negatif di jalan sebesar Rp 639 miliar," ujar Kombes Pol Mohammad Tora, dalam acara Bincang Santai yang digelar Forwot.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Orang Ke 3 - HIVI!

Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Lirik lagu Jemari dari Juicy Luicy

Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:59 WIB