Libas jalan menurun begini teknik pengereman pakai motor matik

- Rabu, 22 Juni 2022 | 18:18 WIB
Tips pengereman motor matik di jalan menurun (Mufrod)
Tips pengereman motor matik di jalan menurun (Mufrod)

Hops.ID - Teknik pengereman engine brake atau memanfaatkan penggunaan posisi gigi rendah masih sering dilakukan pengendara motor non matik. Namun cara tersebut tentu tidak bisa dilakukan pada motor matik.

Terlebih saat sepeda motor melaju di jalan menurun, membuat motor matik tidak bisa melakukan pengereman bantuan menggunakan engine brake.

Sistem pengereman pada motor matik justru hanya mengandalkan sistem pengereman roda depan dan belakang. Hal ini tentu membutuhkan teknik dan beberapa cara pendukung agar sistem pengereman bisa bekerja maksimal.

Baca Juga: Tips rawat kesehatan fisik dan mental berdasarkan tenaga yang kamu miliki

Jika menemui jalur perjalanan yang melewati jalanan menurun yang cukup panjang, pengendara harus berkendara dengan lebih hati-hati.

Terkait hal ini, Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta memberikan tips pengereman dengan motor matik di jalur turunan :

1. Gunakan selalu perangkat keselamatan saat berkendara motor seperti helm, jaket lengan panjang, celana panjang, sarung tangan, sepatu dan pastikan kondisi tubuh sehat dan motor Anda dalam keadaan prima.

2. Pelajari terlebih dahulu rute yang akan dilewati, bisa dengan mencari informasi melalui sosial media atau internet agar lebih familiar dengan kondisi jalur yang akan dilewati.

Baca Juga: Hari kelahiran bayi Ria Ricis dan Teuku Ryan semakin dekat, Jessica Iskandar beri tips lancar melahirkan

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Cara Lupakanmu dari Gisel

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:25 WIB