Jangan salah, pemotor tetap harus turun saat isi bensin di motor sport

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:00 WIB
Motor Sport isi bensin di SPBU. (Ist.)
Motor Sport isi bensin di SPBU. (Ist.)

Hops.ID - Berbeda dengan motor bebek atau skutik kecil, tangki bahan bakar motor sport berada di posisi depan. Sehingga, saat isi bensin di SPBU, pemiliknya jarang sekali bahkan hampir tak pernah turun dari kendaraan.

Meski terlihat praktis dan telah menjadi kebiasaan umum, namun hal tersebut rupanya tak dianjurkan. Sebab, apapun jenis motornya, pengendara harus tetap turun saat isi bensin. Lantas, mengapa demikian?

Disitat Hops.ID dari laman Federal Oil, SPBU sebenarnya memiliki aturan ketat yang melarang pemotor tetap duduk di kendaraan saat bensin tengah diisi. Namun, hingga kini, aturan tersebut belum dijalankan secara penuh dan menyeluruh.

Baca Juga: Kelompok milenial dukung kebijakan Polisi larang pakai sandal jepit saat mengendarai sepeda motor

Ilustrasi. Harga Bensin di Singapura dikabarkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan selama dua minggu terakhir. (Alexander Fox/Pixabay.com)

Salah seorang petugas SPBU Shell di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Eko Haryadi mengatakan, saat ini ada Standard Operational Product (SOP) yang mengharuskan pengisi bensin turun dari sepeda motornya.

Eko menjelaskan, turun dari motor saat mengisi bahan bakar bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat proses pengisian bensin berlangsung. Misalnya, percikan api yang mendadak muncul dari tangki atau cairan bensin yang tak sengaja luber dan menumpahi tubuh dan pakaian pemotor.

"Pengendara juga dapat langsung berlindung di area aman jika terjadi kebakaran di kendaraannya," kata Eko, dikutip Kamis 23 Juni 2022.

Shell tambah jaringan SPBU di Indonesia

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Cara Lupakanmu dari Gisel

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:25 WIB