Pionir industri musik modern, ide musik The Beatles banyak diadopsi musisi era setelahnya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 12:27 WIB
Para personil band The Beatles (Instagram @ringostarrmusic)
Para personil band The Beatles (Instagram @ringostarrmusic)

Hops.ID – Siapa yang tidak mengenal The Beatles, band asal Liverpool Inggris yang terbentuk awal tahun 1960-an ini digadang-gadang sebagai grup pelopor genre musik modern. 

Grup band ini dibentuk oleh John Lennon saat usianya masih belasan tahun di salah satu sekolah menengah atas di kota Liverpool.

Setelah lebih dari setengah abad The Beatles berdiri dan merajai industri musik dunia, kini namanya masih dikenal banyak orang sebagai band legendaris dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Walaupun The Beatles hanya aktif bermusik selama kurang lebih sepuluh tahun, tetapi rekam jejak dan karya yang dihasilkan menjadi warisan bagi musisi-musisi setelahnya.

Baca Juga: Bakat humor Ridwan Kamil menular ke Atalia Praratya, beri jawaban kocak seperti ini pada pertanyaan netizen

Tak hanya itu saja, The Beatles pantas disebut sebagai peletak dasar atau pencetus awal dari genre musik-musik populer yang ada saat ini.

Meskipun John Lennon di setiap kesempatan selalu berkata bahwa The Beatles merupakan grup band rock and roll, tetapi bila dilihat dari karya-karya yang dihasilkan, kita bisa menilai bahwa The Beatles tidak hanya berkutat dan berfokus pada genre musik rock and roll saja.

The Beatles banyak membuat lagu dengan bermacam genre, seperti genre rock, balada, pop, eksperimental, alternatif/ indie, R&B, dan banyak lainnya.

Para personil The Beatles selalu ingin bereksperimen dan berkreasi saat mereka berproses kreatif mengarang lagu dengan menggunakan metode-metode bermusik yang tak lazim di zamannya.

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Faroutmagazine.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Cara Lupakanmu dari Gisel

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:25 WIB