Instagram gunakan kecerdasan buatan untuk verifikasi umur dan wajah

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:05 WIB
Instagram gunakan kecerdasan buatan guna verifikasi umur dan wajah (Pixabay/USA-Reiseblogger)
Instagram gunakan kecerdasan buatan guna verifikasi umur dan wajah (Pixabay/USA-Reiseblogger)

Hops.ID - Instagram saat ini melakukan uji coba untuk memverifikasi usia pengguna dengan menggunakan alat kecerdasan buatan pada hari Kamis, 23 Juni 2022.

Hal ini dilakukan Instagram untuk mencegah pengguna di bawah umur menyamar sebagai orang dewasa dan mengaku telah berusia 18 tahun atau lebih sehingga pengguna tidak bisa mengedit tanggal lahir secara manual di aplikasi.

Instagram akan meminta bukti untuk memverifikasi umur dengan melakukan pemindaian wajah, mengunggah ID atau SIM yang nantinya pengguna juga akan melakukan video selfie.

Instagram juga telah memberikan instruksi mengenai cara membuat video selfie dan setelah usia diverifikasi maka video selfie tersebut akan dihapus oleh sistem.

Baca Juga: Viral poster Muhammad dan Maria dalam promosi minuman alkohol oleh Holywings, Ustaz Felix Siauw: Sengaja

Sebelumnya Instagram telah menerima tuntutan hukum selama setahun terakhir mengenai dampak aplikasi pada remaja. Jaksa Agung dari beberapa negara termasuk mengatakan jika Instagram dapat membahayakan kesehatan mental  anak-anak.

Anak berusia 13 tahun kini telah menggunakan Instagram tapi mereka berbohong dengan umur mereka  ketika melakukan registrasi atau meminta orangtua mereka untuk melakukannya sehingga anak di bawah umur bisa menggunakan Instagram.

Adapun remaja berusia 13 hingga 17 tahun memiliki batasan pada akun mereka sehingga tidak dapat mengirimkan mereka pesan.

Namun, perusahaan Meta Instagram menolak dengan mengatakan bahwa laporan tersebut salah dan menjelaskan jika aplikasi mereka tidak berdampak terhadap kesehatan mental remaja.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: ABC News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Cara Lupakanmu dari Gisel

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:25 WIB