Deretan motor yang dilarang isi Pertalite, wajib minum Pertamax Cs

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:19 WIB
Ilustrasi naik motor.
Ilustrasi naik motor.

Hops.ID – Polemik pembatasan bahan bakar pertalite yang dibatasi untuk kalangan dan masyarakat tepat sasaran, turut di atur melalui system pembelian melalui aplikasi. Terdapat pula pembatasan aturan terhadap kapasitas mesin, sehingga tidak semua kendaraan seperti motor diperbolehkan isi pertalite.

Dalam batasan aturan yang memfokuskan distribusi pertalite pada target tepat sasaran, yakni masyarakat menengah ke bawah. Peraturan tersebut diperkuat melalui pembatasan kapasitas mesin kendaraan baik motor maupun mobil

Karenanya, Pemerintah telah memutuskan untuk kriteria kendaraan yang bisa membeli pertalite yakni motor dengan kapasitas mesin dibawah 250 cc dan mobil di bawah 2000 cc.

Baca Juga: Setelah Pertalite dan Solar, Pertamina ingin masyarakat beli gas melon pakai aplikasi MyPertamina

Melalui peraturan tersebut, jelas jika sepeda motor tertentu yang hanya diperbolehkan isi pertalite, dimana motor dengan harga kisaran Rp30 juta ke bawah dengan kapasitas mesin di bawah 250 Cc yang diperbolehkan isi pertalite.

Sedangkan motor dengan harga diatas Rp30 jutaan, merupakan model sepeda motor yang ditawarkan dengan kapasitas mesin di atas 250 Cc. Meski saat ini banyak pula motor dengan harga lebih dari Rp30 juta dan di bawah Rp40 juta masih menggunakan mesin 150 Cc.

Motor seperti Kawasaki Ninja dengan harga di atas Rp50 juta menjadi salah satu kendaraan yang tidak mendapat jatah untuk mengisi pertalite.

Baca Juga: Beli Pertalite dan Solar wajib pakai aplikasi MyPertamina per 1 Juli, begini reaksi netizen

Sebelumnya pemerintah melalui PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Patra Niaga telah mengeluarkan peraturan terkait pembelian bahan bakar jenis Pertalite melalui Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP).

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu dan terjemahan Hurt – NewJeans

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:00 WIB

Lirik lagu Mata Ke Hati (Acoustic Version) - HIVI!

Kamis, 11 Agustus 2022 | 14:47 WIB