Cara mudah merawat baterai lithium ion pada Suzuki Ertiga hybrid

- Jumat, 1 Juli 2022 | 21:45 WIB
Cara merawat beternak Ertiga hybrid  (Mufrod)
Cara merawat beternak Ertiga hybrid (Mufrod)

Hops.ID - Perangkat baterai pada mobil elektrifikasi saat ini masih menjadi barang yang cukup mahal. Karenanya diperlukan cara perawatan baterai jenis lithium ion agar durability perangkat tersebut sesuai dengan masa pakai yang telah diperhitungkan pabrikan.

Untuk melakukan perawatan baterai, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan tips agar baterai lithium ion seperti yang digunakan pada model Suzuki Ertiga hybrid bisa awet dan tidak gampang rusak.

Secara fungsi baterai Lithium-ion pada All New Ertiga Hybrid mampu memberikan suplai listrik untuk komponen maupun fitur elektronik sehingga dapat meringankan beban kerja mesin sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik.

Baca Juga: Konsumsi BBM Suzuki Ertiga hybrid terbaru, tembus 34 kilometer per liter

Karenanya peran baterai pada teknologi hybrid yang disematkan sangat menunjang beberapa fitur berteknologi modern yang telah dikembangkan Suzuki pada Ertiga hybrid. Mengingat jika kondisi baterai tidak dalam kondisi baik maka akan berpengaruh pada kinerja teknologi hybrid yang tersemat di mobil.

Kiat pemeriksaan pertama yang paling mudah dilakukan adalah memastikan sisa kapasitas daya baterai selalu dalam kondisi yang cukup atau penuh, dengan cara melihat indikator baterai yang ada di MID (Multi Information Display).

Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara maupun rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.

Hal tersebut dikarenakan sisa daya baterai dapat berkurang secara bertahap saat mobil tidak digunakan serta dipengaruhi faktor eksternal, seperti suhu udara dan lainnya. Selanjutnya, konsumen juga dapat memastikan untuk selalu mengikuti anjuran sesuai dengan buku pedoman perawatan kendaraan dari Suzuki Indonesia untuk menjaga mobil tetap aman dan pada kondisi prima. 

Ertig Baca Juga: Segini harga limbah baterai Suzuki Ertiga hybrid yang sudah tidak terpakai

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Jemari dari Juicy Luicy

Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Lirik lagu Bila Kau Tak Disampingku - Sheila On 7

Jumat, 5 Agustus 2022 | 17:45 WIB