Gejala penyebab mobil terbakar, perhatikan tanda-tandanya sebelum menyesal

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:43 WIB
Mekanik melakukan pengecekan bagian mobil (Mufrod)
Mekanik melakukan pengecekan bagian mobil (Mufrod)

Hops.ID - Peristiwa kebakaran mobil sering terjadi di jalan raya, hingga menyebabkan pemilik mengalami kerugian material yang cukup besar. Pada dasarnya mencegah terjadi kebakaran mobil bisa diantisipasi dengan cara mudah.

Proses mengantisipasi terjadinya kebakaran mobil cukup memperhatikan beberapa sumber perangkat pada mobil yang rentan memunculkan sumber api. Meski terkadang sering diabaikan pemilik mobil.

Upaya antisipasi dan waspada agar tidak terjadi mobil terbakar bagi pengemudi. Pasalnya, mobil bisa saja mengalami kebakaran karena beberapa faktor. Selain kecelakaan, mobil terbakar ini bisa berujung maut.

Baca Juga: Dear moms, 8 tips self care ini mungkin cocok untuk kamu lakukan di waktu luang

“Ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang sebenarnya sudah bisa dikenali oleh pengemudi sejak awal. Dengan mengenali penyebabnya akan memudahkan tindakan pencegahan kebakaran lebih dini. Sehingga penumpang aman dan selamat saat mobil terus dikendarai.” terang Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot.

Berikut tips yang perlu diketahui dalam mengenali penyebab mobil terbakar dan cara mengatasinya khususnya untuk kendaraan lama.

Penyebab pertama, pastikan tidak ada kebocoran aliran bahan bakar. Kemudian penyebab kedua, jenis material yang mudah terbakar.

Baca Juga: 7 Tips sederhana untuk menghilangkan stres kurang dari 5 menit

Kebocoran membuat kedua material ini sangat mudah mengenai bagian mesin yang panas. Penyebab inilah yang akan memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

“Kebocoran aliran bensin bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Jika selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki maka disarankan datang ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian.” wanti Roni Agung.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erajaya Group gelar program promo Eraversary 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:55 WIB

Lirik dan chord lagu Kesalahan Yang Sama - Kerispatih

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:39 WIB