Muncul larangan mobil LCGC dilarang pakai Pertalite, pemilik Ayla, Agya, Sigra wajib isi pertamax

- Senin, 11 Juli 2022 | 12:13 WIB
Belum lama ini pemerintah dan PT Pertamina menyusun sebuah aturan baru terkait pembelian BBM. Hal ini demi mengindari kasus penimbunan BBM. (Pixabay.com/Engin_Akyurt)
Belum lama ini pemerintah dan PT Pertamina menyusun sebuah aturan baru terkait pembelian BBM. Hal ini demi mengindari kasus penimbunan BBM. (Pixabay.com/Engin_Akyurt)

Hops.ID - Batasan pembelian bahan bakar bersubsidi dari pemerintah kini di atur agar tepat sasaran. Kapasitas mesin menjadi acuan dengan ketentuan bawah mesin 2.0 liter boleh membeli bbm jenis pertalite.

Namun belakangan muncul peraturan yang melarang mobil jenis low cost green car (LCGC) tidak boleh menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Di dalam peraturan tersebut, tercantum produksi mobil harus menggunakan mesin kapasitas 980 hingga maksimum 1.200 cc. Selain itu angka konsumsi bbm yang harus tewrcapai yakni 20 km/liter.

Baca Juga: Fraksi PDIP kritik MyPertamina bikin susah rakyat, Said Didu: Pemimpin Indonesia dan Pertamina kan orang PDIP

Dengan syarat ketentuan tersebut, Peraturan Menteri Perindustrian terkait mobil LCGC juga dijelaskan bahwa mobil jenis LCGC harus menggunakan bahan bakar dengan ron 92.

Artinya dalam ketentuan pengembangan produk tersebut, mobil LCGC harus menggunakan bahan bakar jenis pertamax. Ketentuan penggunaan bahan bakar rekomendasi pabrikan tersebut, tentu ditakar sesuai dengan kualitas titik bakar bbm ron 92 hingga bisa tercapai konsumsi bbm 20 kilometer per liter.

Daihatsu Sigra mobil LCGC murah

"Ketentuan jenis BBM, juga harus memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel," tulis aturan tersebut.

Baca Juga: Niat banget! SPBU ini pakai remote kontrol untuk berbuat curang, setiap isi 20 liter BBM lenyap 500 mililiter

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GIIAS Medan resmi dibuka, diramaikan 8 merek mobil

Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:50 WIB