Mobil langgar batas emisi akan kena sanksi mulai Desember 2022

- Kamis, 14 Juli 2022 | 13:01 WIB
uji emisi
uji emisi

Hops.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai ketat dalam peraturan batasan emisi kendaraan. Terapannya pun saat ini akan mengarah pada sanksi yang akan diberikan kepada pemilik kendaraan yang abai terhadap emisi kendaraannya.

Batasan sanksi yang akan diberikan yakni bagi kendaraan usia pakai 3 tahun namun belum melakukan uji emisi akan diberlakukan. Langkah ini diambil agar pemilik mobil melakukan uji emisi sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Terapannya pun berupa sanksi terhadap denda yang akan dibebankan kepada pemilik mobil saat melakukan pembayaran pajak. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto langkah tersebut akan berlaku bagi kendaraan yang tidak melakukan uji emisi.

Baca Juga: Mitos atau fakta uji emisi jadi patokan mobil irit BBM

"Iya, jika tidak lulus uji emisi atau belum melakukan uji emisi dikenakan denda pajak," kata Asep di Jakarta

Dirinya menjelaskan jika dasar hukum atas kebijakan tersebut, tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pasal 206 Ayat 2 (a) yang mengatur bahwa pemenuhan uji emisi diterapkan pada alat transportasi darat berbasis jalan yang telah memasuki masa pakai lebih dari tiga tahun.

Pengecekan emisi mobil (Mufrod)

Asep juga menjelaskan, dalam Pasal 531 poin f bahwa pemenuhan baku mutu hasil uji emisi sebagai dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor untuk unsur pencemar lingkungan diberlakukan dua tahun setelah peraturan pemerintah ini diundangkan.

Asep menyatakan, memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi merupakan salah satu poin dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMW hadirkan M4 CSL, cuma ada dua unit di Indonesia

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:11 WIB