Duh! Perilisan iPhone 14 terancam mundur gegara kisruh China-Taiwan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:53 WIB
Rumor iPhone 14. Foto: MacRumors
Rumor iPhone 14. Foto: MacRumors

Hops.ID - Sebuah laporan baru-baru ini mengatakan bahwa peluncuran iPhone 14 series terancam mundur dari jadwal yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh kisruh China-Taiwan yang belakangan memanas.

Sebelumnya, iPhone 14 disebut-sebut bakal meluncur pada bulan September 2022 mendatang. Namun jadwal ini bisa jadi molor gara-gara ketegangan politik yang terjadi antara China dan Taiwan.

Ketegangan politik yang disebut bisa berdampak pada perilisan iPhone 14 ini bermula dari kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi ke Taiwan, yang mana hal tersebut sangat ditentang oleh China.

Baca Juga: Nahan tangis, Betrand Peto ingin rasakan derita Ruben Onsu Sawendah: Aku mau ikut Tuhan

Kedatangan Nancy Pelosi ke Taipei dinilai tidak menghormati prinsip Satu China atau One China Policy yang juga dianut oleh Amerika Serikat.

Ketegangan politik ini tentunya dapat mempengaruhi peluncuran iPhone 14 series. Pasalnya, Apple mengalihkan pembuatan chipsetnya ke raksasa semikonduktor Taiwan TSMC. Pada saat yang sama, China juga adalah lokasi utama pemasok komponen Apple untuk iPhone.

Hubungan China dan Taiwan yang meruncing membuat Beijing meminta semua produk yang dikirimkan dari Taiwan untuk dilabeli 'dibuat di Taiwan, China' atau 'dibuat di China Taipei'. Apple sendiri dilaporkan telah mendesak pemasoknya dari Taiwan untuk mematuhi aturan tersebut.

Baca Juga: Ngadu diserang Nathalie Holscher, Riesca Rose justru dapat perlakuan gini dari Sule

Permintaan Apple kepada pemasoknya di Taiwan ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, pasokan komponen yang dikirimkan oleh mitranya di Taiwan ke pabrik Pegatron di Suzhou, China sempat tertahan di bea cukai China. Untuk informasi, Pegatron merupakan salah satu mitra utama perakit produk Apple.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Gizmochina

Tags

Terkini