Accelera luncurkan ban mobil listrik, ternyata seperti ini perbedaannya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:19 WIB
Accelera luncurkan ban mobil listrik (Mufrod)
Accelera luncurkan ban mobil listrik (Mufrod)

Hops.ID - Perkembangan mobil listrik telah banyak diluncurkan produsen otomotif, khususnya di pameran GIIAS 2022. Mendukung hadirnya kendaraan elektrifikasi, PT Elangperdana Tyre Industri turut berkontribusi meluncurkan Accelera Iota EVT khusus mobil listrik.

Dalam peluncuran tersebut, dijabarkan keunggulan ban mobil listrik yang ternyata memiliki perbedaan spesifikasi dengan ban mobil pada umumnya. Dimana Manager R&D PT EPTI Koko Jatmiko R menjelaskan jika karakter ban mobil listrik sangat berbeda.

Perbedaan yang sangat mendasar terletak pada komponen yang digunakan, dimana material karet pada ban mobil listrik lebih rumit karena ban mobil listrik harus dapat menahan bobot yang lebih besar dibanding mobil mesin konvensional pada umumnya.

Baca Juga: Honda bocorkan dua mobil listrik meluncur 2023, bakal banjiri pasar otomotif Indonesia dengan banyak model

”Salah satunya, menyiasati bobot mobil listrik yang umumnya lebih berat dibanding mobil biasa sehingga menghasilkan torsi lebih tinggi saat kendaraan mulai melaju,” ujar Koko.

Ban mobil listrik memiliki perbedaan mulai dari pattern asymmetric dan design sidewall unik yang lebih modern dari spesifikasi ban pada umumnya. Selain itu karakter ban mobil listrik juga harus memiliki rolling resistancen rendah dengan daya cengkram yang lebih baik.

Hal tersebut terkati dengan pemakaian tenaga baterai pada mobil listrik agar efisiensi tenaga baterai yang ideal. Adapula teknologi antene yang diciptakan tyre enginer EPTI.

Baca Juga: Spesifikasi lengkap Wuling Air Ev harga Rp200 juta, mobil listrik paling murah di GIIAS 2022

Teknologi tersebut diklaim mampu mentransfer elektrostatik untuk meminimalisir kemungkinan munculnya percikan api pada ban. Selain itu ban juga harus memiliki daya cengkram dan akeselerasi lebih baik dari ban biasanya.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Rekomendasi manhwa fantasy romance part 2

Sabtu, 24 September 2022 | 12:51 WIB

Lirik lagu Unholy – Sam Smith feat Kim Petras

Sabtu, 24 September 2022 | 11:05 WIB

Lirik lagu Hilang - Garasi Band, yang viral era 2000an

Sabtu, 24 September 2022 | 10:05 WIB