Trik cara mudah mobil lolos uji emisi, cukup lakukan hal satu ini dijamin terhindar tilang Rp500 ribu

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 21:35 WIB
Pengujian emisi kendaraan (Mufrod)
Pengujian emisi kendaraan (Mufrod)

Hops.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun lalu telah menerapkan kewajiban pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi kendaraannya. Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta no. 66 tahun 2020 tentang mengatur Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Cilakanya peraturan ini telah dijadikan hukum dan tentunya bagi para pelanggar akan terkena sanksi yang dilakukan petugas terkait yang menemukan adanya kendaraan tidak memiliki batas emisi aman yang telah ditentukan.

Bagi pelanggar, sanksi yang akan diberikan pun tak main-main, dimana pelanggar atau pemilik kendaraan dengan emisi diatas ambang batas akan diberikan sanksi berupa denda sebesar Rp500 ribu.

Baca Juga: Mitos atau fakta uji emisi jadi patokan mobil irit BBM

Adanya sanksi denda tersebut, tentu akan menjadi beban yang cukup berat. Namun untuk menghindari sanksi tersebut, pemilik mobil bisa melakukan satu trik yang wajib dilakukan agar emisi kendaraannya sesuai dengan ambang batas yang telah ditentukan pemerintah.

Hal wajib yang harus dilakukan yakni perawatan berkala dengan rutin mengganti oli bagian mesin, agar kinerja mesin sehat dan maksimal. Kondisi tersebut akan menjamin gas buang atau emisi kendaraan menjadi aman.

Ganti oli mobil (Mufrod)

Lantas, apa hubungannya ganti oli mesin dengan emisi gas buang? Uji emisi itu mengukur kesehatan mesin mobil, jika ada yang kurang sehat kondisinya maka hasil emisi gas buangnya juga akan tidak bagus. Salah satu cara merawat mesin mobil ya paling utama dari sistem pelumasannya yang harus diganti secara rutin.

Baca Juga: Pertamina: Jumlah kendaraan dapat bbm subsidi capai 1 juta unit hingga Agustus 2022

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin beli mobil bekas? Perhatikan hal penting ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:56 WIB