Hops.ID – Hari libur seringkali menjadi moment bagi pemilik motor untuk melakukan aktifitas khususnya dalam hal perawatan sepeda motor. Ada cara mudah untuk melakukan perawatan motor tanpa harus ke bengkel dan menghemat biaya.
Terdapat 5 cara mudah merawat sepeda motor dari rumah, dengan hasil memuaskan bahkan sama saat motor keluar dari bengkel. Langkah ini bahkan bisa memberikan performa motor jauh lebih baik hingga bisa menjaga durability mesin motor lebih Panjang.
Bahkan, 5 cara perawatan ini juga menjadi standar banyak bengkel dalam melakukan perawatan rutin, dan bisa dilakukan di rumah saja. Berikut 5 cara hemat melakukan perawatan motor berkala:
Baca Juga: SPBU Pertamina bakal sepi, pemilik kendaraan lakukan aksi nekat gegara persoalan sepele seperti ini
- Membersihkan secara Rutin
Kondisi motor yang bersih, terkadang sering dirasakan motor menjadi apik dan enak dilihat. Selain itu sugesti motor yang bersih membuat tarikan lebih enteng, meski demikian penting untuk memperhatikan kebersihan motor secara detil termasuk dalam hal pengeringan agar beberapa bagian motor tidak mengalami korosi.
- Periksa Tekanan Angin Ban
Tekanan angin pada ban motor menjadi hal wajib dalam perawatan berkala, selain mampu meningkat durability ban khususnya material karetnya. Pastikan kondisi anginnya sesuai rekomendasi pabrikan. Jika kurang atau kelebihan, hal ini akan berpengaruh terhadap, stabilitas berkendara, usia pakai ban hingga konsumsi bahan motor.
- Ganti Oli Mesin secara Rutin
Agar komponen terutama mesin sepeda motor awet, oli mesin wajib diganti secara berkala. Hal ini pun masih bisa dilakukan sendiri oleh pemilik sepeda motor.
"Paling mudah untuk mengetahuinya adalah membaca buku manual dari sepeda motor Anda. Namun, kami menyarankan sebaiknya oli mesin diganti setiap 2.000 km," kata Brahma Putra Mahayana selaku Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricants (PTPL).
Baca Juga: Cara ganti oli mobil, perhatikan tiga langkah penting ini
Untuk oli mesin, Pertamina Lubircants memiliki beragam produk untuk berbagai jenis motor yang tergabung ke dalam line up Pertamina enduro Series. Untuk sepeda motor kopling basah (bebek/motor sport) ditawarkan opsi-opsi seperti enduro 4T Sport 5W-30, enduro 4T Racing 10W-40 dan enduro 4T 20W-50.
“Salah satu keunggulan oli enduro 4T Racing adalah memiliki fitur anti-slip kopling yang menjadikan tarikan motor lebih bertenaga. Oli enduro 4T Racing ini juga sudah melalui pengujian variable speed friction test dengan koefisien friksi yang lebih sesuai dibandingkan dengan oli lain yang spesifikasinya sama,” jelas Brahma.
Sementara untuk motor matic, tersedia pilihan pelumas seperti enduro Matic V 10W-40, enduro Matic 10W-30, enduro Matic-S 10W-30, enduro Matic-G 20W-40, dan oli transmisi enduro Gear Matic.
“Khusus Oli Pertamina enduro Matic V sudah memiliki spesifikasi paling tinggi di kelasnya atau sudah memiliki approval API SN. Selain itu pelumas ini juga diformulasikan khusus untuk matic 150 cc ke atas. Jadi kekentalan olinya 10W- 40, sesuai untuk motor matic 150cc," kata Brahma lebih lanjut.
Artikel Terkait
Pemilik Morris Garrage wajib tahu, Mobil Super jadi pelumas resmi untuk konsumen
Lagi naik daun di kancah MotoGP, Federal Oil luncurkan 3 pelumas motor matik dan manual
Hati-hati, studi ilmiah ini menunjukkan bahwa penggunaan pelumas dapat merusak sperma lelaki
5 Fungsi pelumas mobil dan motor, nomor terakhir jarang orang tahu