Tak banyak orang tahu, karpet mobil ternyata memiliki risiko penyumbang kecelakaan

- Selasa, 27 September 2022 | 10:51 WIB
Karpet mobil ternyata memiliki risiko kecelakaan (Auto2000)
Karpet mobil ternyata memiliki risiko kecelakaan (Auto2000)

Baca Juga: Sheetal Deo bagikan tips hilangkan mata panda dengan krim ambeien, Dr. Purvisha Patel ungkap faktanya

Hops.ID - Karpet merupakan salah satu perangkat yang terdapat di dalam kabin mobil, fungsinya selain untuk pelapis bagian dalam juga untuk memberikan kenyamanan pijakan kaki.

Namun banyaknya pilihan karpet aftermarket yang ditawarkan di pasaran, membuat pemilik mobil asal memilih karpet untuk menunjang tampilan kabin lebih ciamik tanpa memikirkan pemilihan dari kualitas karpet yang digunakan.

Pemilihan karpet yang salah justru menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan bagi pengemudi. Dimana karpet berisiko mengganjal pedal gas saat tengah di perjalanan, yang tentu akan membuat pengemudi panik dan tidak bisa mengendalikan mobil.

Baca Juga: 22 Tahun jadi wartawan, Najwa Shihab: Itu karena 'kecelakaan'

Yang paling sering terjadi dan sangat berbahaya adalah karpet mobil tambahan justru membuat pedal-pedal mobil tidak dapat bergerak bebas sesuai peruntukannya. Umumnya terjadi karena karpet mobil terlalu tebal atau jenis universal untuk semua model mobil sehingga tidak sesuai dengan desain pedal-pedal mobil.

Akibatnya, ketika pedal gas atau rem diinjak malah terjerat karpet mobil. Jelas sangat berbahaya karena mobil bisa berhenti mendadak kalau pedal rem tersangkut. Bahaya yang jauh lebih besar adalah ketika pedal gas tersangkut, karena dapat membuat putaran mesin tertahan di rpm tinggi, yang berakibat mobil tidak dapat dikendalikan sehingga memicu kecelakaan.

Pilih Karpet Mobil Sesuai Standar Safety

Melihat risiko masalah di atas, disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom karpet mobil sesuai dengan desain dan ukuran kabin supaya lebih presisi. Namun umumnya harga karpet mobil jenis ini lebih mahal ketimbang produk siap pakai. Supaya lebih nyaman, bisa konsultasikan terkait hal ini kepada Auto2000.

Andaikan tetap mau membeli aksesoris karpet mobil, cek apakah produknya dibuat khusus untuk mobil milik AutoFamily. Jangan paksakan membeli karpet untuk kendaraan yang berbeda, atau jenis universal mengingat ada risiko desainnya tidak sesuai kebutuhan mobil.

 

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada puluhan pilihan fitur, ini review GB Whatsapp

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:52 WIB

BMW hadirkan M4 CSL, cuma ada dua unit di Indonesia

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:11 WIB