Harga motor listrik bakal murah di Indonesia, Menhub minta produsen jual harga Rp16 juta

- Kamis, 29 September 2022 | 12:24 WIB
Motor listrik murah  (Mufrod)
Motor listrik murah (Mufrod)


Hops.ID - Percepatan kendaraan elektrifikasi membuat banyak produsen otomotif mulai meluncurkan produk terbarunya. Hal tersebut terlihat dari berbagai pameran otomotif khusus elektrifikasi dengan hadirnya beberapa model kendaraan listrik di Indonesia.

Langkah inilah yang kemudian, membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong produsen otomotif, untuk berkolaborasi dengan stake holder terkait mulai dari perguruan tinggi dan pemangku kepentingan.

Melalui kolaborasi tersebut Menhub berharap bisa menjadi upaya mendorong peralihan kendaraan bahan bakar minyak ke elektrifikasi lebih cepat.Namun percepatan juga perlu didorong dengan daya beli konsumen yang tinggi.

Baca Juga: Honda pastikan peluncuran motor listrik baru akhir tahun ini, petingginya pesan begini

Menhub meminta agar produsen otomotif bisa memberikan penawaran kendaraan dengan harga terjangkau bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

"Kalau harga motor listrik 16 juta dengan kondisi motor yang menarik dan kualitas baterai yang baik, akan sangat menarik bagi masyarakat," ujar Menteri Perhubungan saat membuka Indonesia Electric Motor Show 2022 atau IEMS 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) seperti dikutip dari laman Kementerian Perhubungan.

Tentu untuk mencapai motor listrik dengan harga tersebut, harus tercapai tiga hal yang menjadi patokan agar produsen bisa memberikan harga motor listrik murah, diantaranya:

Baca Juga: Mobil dan motor listrik ini bisa dibawa pulang cukup bayar Rp1 juta sebulan plus gratis pintar bahasa inggris

1 Memproduksi baterai dengan harga kompetitif namun memiliki tenaga dengan daya jelajah tinggi.

2. Memproduksi motor listrik dalam negeri, melalui penggunaan komponen lokal yang ada di Indonesia.

Halaman:

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gahar, Porsche 911 Dakar di geber berbagai lintasan

Minggu, 20 November 2022 | 07:12 WIB