Honda New Vario 125 meluncur, ini sederet perubahan yang dibawa

- Kamis, 29 September 2022 | 14:43 WIB
Honda Vario 125 terbaru meluncur (Hops/Mfd)
Honda Vario 125 terbaru meluncur (Hops/Mfd)
 
Hops.ID Honda resmi merilis New Vario 125 pada Senin (26/9) lalu. Honda menyematkan beberapa perubahan pada varian New Vario 125 ini.
 
Meski tidak banyak perubahan pada bagian mesin, tetapi pada tampilannya diberikan beberapa perubahan, contohnya pada bagian depan motor ini yang terlihat lebih sporty.
 
Dikutip Hops.ID dari kanal YouTube Otomotif TV tanggal 26 September 2022, pada bagian depan terlihat Head lamp dan DRL masih menggunakan model lama, tetapi jika diperhatikan ada sedikit perubahan.
 
 
Kemudian bagian atasnya agak lebih kecil dan frame-framenya terlihat lebih sporty serta agak lebih lebar dibanding yang lama.
 
Serta jika kita lihat ke bawah, pada bagian kaki, pelk yang digunakan menggunakan model Vario 150 yang sudah discontinue serta penggunaan ban yang lebih besar.
 
Dan yang paling menarik, perubahan yang dilakukan ada pada bagian spion. Spion yang digunakan sangat menarik dan terlihat lebih kokoh dibandingkan model sebelumnya.
 
Pada bagian dashboard juga tidak ada perubahan, di panel speedometer masih menggunakan model yang lama.
 
 
Tombol-tombol yang ada juga tidak ada perubahan pada bagian kiri dan kanannya masih sama seperti model Vario yang lama.
 
Perubahan juga terlihat pada panel kunci, yang sudah menggunakan keyless ignition. Pada bagian bagasi juga tidak ada perubahan masih sama dengan model yang lama, tanki bensinnya juga masih sama kapasitas nya 5.5 liter.
 
Perubahan yang paling mencolok juga ada pada sebelah kiri dashboard. Jika varian yang sebelumnya hanya ada ruang untuk menaruh air minum, kini New Vario 125 sudah memiliki tutup dan ada power outlet dengan colokan USB bisa untuk charge HP.
 
 
Bagian buritan juga tidak ada perubahan masih sama dengan model Vario yang lama, serta lampu rem dan spakboard tidak ada perubahan.
 
Perubahan berikutnya yang paling mencolok ada pada behelnya karena terlihat seperti menyambung dengan striping bodi sampai bawah.
 
Sementara itu pada bagian mesin, karena sama sekali tidak memiliki perubahan, torsi dan power masih sama dengan varian sebelumnya.
 
Motor ini juga masih menggunakan eSP, sementara Vario 160 yang terbaru sudah menggunakan eSP+.
 
Perbedaan eSP dan eSP+
 
Dikutip Hops.ID dari astra-honda.com, teknologi eSP pertama kali diperkenalkan di tahun 2013 pada sepeda motor BeAT. Teknologi ini mampu menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang sia-sia.
 
Berkat teknologi eSP membuat motor matic Honda jadi lebih irit bahan bakar, mesin lebih halus dan menghasilkan tenaga lebih baik.
 
Pada tahun 2022, inovasi baru diperkenalkan Honda dengan munculnya teknologi eSP+. Dibanding generasi eSP sebelumnya, eSP+ mampu membuat kerja mesin motor matic jadi lebih sempurna.
 
 
Ada dua tujuan utama dalam pengembangan teknologi eSP+ yaitu meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik dan mengurangi friksi atau gesekan.
 
Pengembangan pada mesin eSP+ adalah perubahan mesin yang telah menggunakan empat katup, rasio kompresi tinggi, memaksimalkan saluran udara ke ruang bakar, penggunaan hydraulic tensioner, piston oil jet hingga crankshaft yang lebih rigid.
 
Di ruang filter pun terdapat rectifire atau penyearah yang berfungsi untuk mengarahkan angin dengan lebih presisi ke ruang bakar, sekaligus mengurangi turbulensi.
 
Dampak positif dari pengaplikasian teknologi eSP+ membuat akselerasi terasa lebih baik dibanding generasi sebelumnya, serta tidak ada gejala gredek di putaran awal, sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan yang relatif rendah.***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: astra-honda.com, YouTube Otomotif TV

Tags

Terkini

Ada puluhan pilihan fitur, ini review GB Whatsapp

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:52 WIB