Tips cara menyetir mobil matic saat banjir

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 14:26 WIB
Ilustrasi mobil menerobos banjir (WapCar)
Ilustrasi mobil menerobos banjir (WapCar)

Hops.ID - Musim hujan telah tiba. Sejumlah jalanan pun acapkali terendam banjir. Bagi Anda pengendara mobil matic mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana cara menyetir mobil matic saat banjir agar mobil terhindar dari kerusakan?

Menyetir mobil matic saat banjir memang harus diperhatikan, karena bukan tidak mungkin mobil akan mengalami sejumlah kerusakan saat diajak menerjang genangan banjir.

Lantas bagaimana menyetir mobil matic saat banjir agar kendaraan terhindar dari kerusakan? Simak tipsnya di bawah ini!

Perhatikan tinggi banjir

Sebelum memutuskan untuk menerjang jalanan yang terendam banjir, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu seberapa tinggi genangan airnya. Semakin tinggi genangan banjir, maka semakin bahaya pula risiko kendaraan mengalami kerusakan. 

Baca Juga: Ternyata bukan Rieta Amilia! Terungkap, orang ini yang sodorin Mbak Lala buat jadi pengasuh Rafathar

Meski mungkin mobil Anda memiliki ground clearance yang tinggi, namun memperhatikan tinggi genangan harus tetap dilakukan. Sebab, jangan sampai filter udara pada mobil Anda terendam. 

Jika filter tersebut terendam, maka risiko terjadinya water hammer tinggi. Water hammer meurpakan kondisi di mana air masuk ke ruang pembakaran. Jika demikian, maka mesin mobil Anda menjadi rusal.

Pada dasarnya, cara terbaik untuk mengendarai mobil saat banjir adalah menghindarinya dan mencari jalur alternatif lain yang aman dari genangan banjir.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: daihatsu.co.id

Tags

Terkini

Ingin beli mobil bekas? Perhatikan hal penting ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:56 WIB