Awas! Ini 5 jenis penipuan di Gmail yang harus diwaspadai pada musim liburan akhir tahun

- Minggu, 4 Desember 2022 | 12:27 WIB
Gmail (Stephen Phillips di Unsplash)
Gmail (Stephen Phillips di Unsplash)

Hops.ID - Musim liburan akhir tahun menjadi waktu yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama orang-orang terkasih, seperti keluarga, sahabat hingga teman. Namun demikian, ada saja penipu yang memanfaatkan momen musim liburan akhir tahun untuk melakukan penipuan, termasuk dengan melalui platform Gmail.

Hal ini tentunya harus diwaspadai supaya tidak mengganggu momen asyik musim liburan akhir tahun. Google pun mengungkap sejumlah modus penipuan yang bisa terjadi melalui platform Gmail.

Baca Juga: Terkuak alasan Anang Hermansyah ogah nikahi Syahrini dan pilih bersama Ashanty: Soalnya wanita itu...

Lantas, apa saja jenis penipuan yang bisa terjadi di Gmail menjelang musim liburan akhir tahun? Simak ulasannya berikut ini, yang dilansir dari keterangan tertulis Google Indonesia yang diterima Hops.ID, dikutip pada Minggu 4 Desember 2022.

Kartu hadiah dan hadiah

Penipuan dari pengecer yang menawarkan hadiah gratis sebagai imbalan untuk bergabung dengan program loyalitas. (Google Indonesia)

Ketika musim belanja sedang ramai, demikian juga kartu hadiah dan penipuan giveaway. Penipu mungkin mencoba mengelabui orang agar membelikan kartu hadiah untuk mereka—terkadang dengan menyamar sebagai kontak yang dikenal—atau memberikan hadiah gratis sebagai imbalan untuk memberikan informasi kartu kredit mereka.

Baca Juga: Tak disangka, sosok ini masuk daftar 5 artis wanita bertato, ada nama Raisa hingga Laudya Chintya Bella

Jika Anda menerima email dari teman Anda di Praha atau Pennsylvania yang meminta Anda untuk membelikan mereka kartu hadiah, segera kontak melalui SMS untuk mengonfirmasi bahwa mereka benar-benar mengirimkan permintaan tersebut. Dan jika giveaway terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu mungkin saja penipuan.

Donasi palsu

Email yang menampilkan seseorang yang berpura-pura menggalang dana untuk kemanusiaan (Google Indonesia)

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Google Indonesia

Tags

Terkini

Ingin beli mobil bekas? Perhatikan hal penting ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 13:56 WIB