Hobi

Honda akan tinggalkan motor dengan kabel kopling, intip penggantinya

Trend teknologi yang semakin maju mulai menggeser fungsionalitas beberapa perangkat, tak terkecuali sistem kerja kopling yang salah satu perangkatnya masih menggunakan kabel. Produsen Honda yang akan mengawali perubahan tersebut, mengganti kabel kopling dengan perangkat yang lebih modern dari saat ini.

Rencana Honda akan melakukan pengembangan perangkat kopling lebih modern diketahui dari pengajuan paten. Paten tersebut diajukan Honda di lembaga paten Amerika Serikat, yang nantinya pengembangan akan dilanjutkan sebelum mempersiapkan perangkat kopling terbaru dan modern.

Dengan hadirnya kopling dengan teknologi modern memungkinkan sepeda motor memiliki akurasi kinerja kopling yang semakin presisi dan mudah dalam fungsionalitas. Kopling motor elektronik ini juga akan membuat kinerja mesin menjadi maksimal dan lebih halus meski operasionalnya masih tetap dilakukan manual.

Honda kopling
Honda Kopling Drive by wire Foto: Ride apart

Pengembangan kabel kopling terbaru Honda

Dengan adanya sistem teknologi kopling terbaru, pemilik sepeda motor sudah tidak perlu khawatir atas kondisi kopling putus di jalan karena usia pakai. Dengan teknologi terbaru, kopling terbaru Honda akan menggunakan sensor layaknya sistem drive by wire.

Dimana buka tutup kinerja perangkat dilakukan secara elektronik, sehingga memudahkan pengemudi ataupaun pengendara yang kendaraannya telah mengusung teknologi ini menjadi lebih nyaman dan mudah dalam mengoperasionalkan kendaraan.

 Ride-by-wire, atau throttle-by-wire, menggunakan sensor dan aktuator yang mengontrol injektor bahan bakar daripada kabel yang mengontrol karbohidrat. Demikian pula, sistem kopling kabel tidak akan digunakan lagi serta tak akan ada lagi pengaturan hidrualik konvensional sepenuhnya.

Honda rebel CMX500 motor koleksi Sri Mulyani
Honda rebel CMX500 motor koleksi Sri Mulyani. Foto: Webike.

Sebaliknya, posisi tuas kopling akan dipantau secara elektronik, dan data itu akan diumpankan ke kopling, memberi tahu apa yang harus dilakukan tanpa koneksi fisik antara tuas dan kopling itu sendiri.

Gambar paten koplimng modern Honda

Gambar paten menunjukkan unit kontrol tekanan hidrolik, yang akan berfungsi sebagai jantung dari sistem ini. Selain posisi tuas persneling, unit ini akan mendapatkan data instan dari sistem ride-by-wire seperti rpm, posisi throttle, dan kecepatan kendaraan.

Hasil yang paling jelas adalah perpindahan gigi yang lebih baik dan operasi kopling yang lebih halus pada kecepatan yang lebih lambat, bagus untuk pengendara baru dan mungkin sesuatu yang dapat membawa pengalaman berkendara yang jauh berbeda.

Logo Honda. Foto: Ist.
Logo Honda. Foto: Ist.

Meski pengoperasian tak lagi menggunakan kabel, namun dalam gambar paten terdapat beberapa pengaturan kopling terbaru yang bisa menawarkan sensasi berkendara berbeda layaknya menggunakan kopling dengan kabel konvensional biasanya. Secara teori, pengaturan jenis ini membuka banyak kemungkinan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close