Hobi

Honda punya sirkuit motor terbesar di Asia Tenggara, intip fasilitasnya

Diam-diam PT Astra Honda Motor (AHM) telah membangun fasilitas sirkuit Honda yang secara resmi belum diluncurkan penggunaannya. Digadang sirkuit yang telah dibangun di daerah Bekasi, Jawa Barat tersebut akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Hadirnya fasilitas sirkuit terbaru yang telah dibangun AHM tersebut, menurut GM Corporate Communicatioan PT AHM, Ahmad Muhibbudin fasilitas sirkuit Honda tersebut sebenarnya sudah lama dipersiapkan sebagai sarana meningkatkan kemampuan berkendara safety riding untuk kebutuhan internal maupun umum.

Nantinya fasilitas tersebut, lanjut Muhib sapaan akrabnya, tak hanya menjadi fasilitas bagi kebutuhan bagi seluruh karyawan AHM, namun masyarakat umum yang ingin menggunakan sirkuit tersebut bisa memanfaatkannya.

Pelatihan Safety Riding
Pelatihan Safety Riding Foto: AHM

“Hadirnya sirkuit ini, nantinya bisa digunakan untuk Latihan berkendara yang aman, sedangkan peluncurannya masih menunggu waktu yang tepat,” ungkap Ahmad Muhibbuddin, di acara Ngobrol Virtual Dulu (Ngovid) bersama Forwot, Selasa (4/8/2020).

Terkait alasan belum diluncurkan sirkuit yang kabarnya menelan biaya mencapai Rp900 miliar tersebut, dikarenakan kondisi pandemic covid-19 yang dinilai kurang tepat memperkenalkan fasilitas tersebut. Namun pembangunan sirkuit telah dilakukan jauh sebelum pandemi berlangsung.

AHM sendiri berjanji akan memperkenalkan sirkuit rancangannya tersebut kepada masyarakat umum, dengan berbagai fasilitas yang dirancang sesuai regulasi dan aturan keamanan, keselamatan dan tingkat kesulitan sirkuit yang seluruhnya untuk menunjang pelatihan safety riding.

Safety riding Honda
Safety riding Honda Foto AHM

“Pokoknya nanti tanggal mainnya kita sampaikan. Nanti bisa lihat seperti apa fasilitas safety riding yang kikami miliki,” ucap Muhib.

Terkati lokasi yang berada di Bekasi, sirkuit milik AHM tersebut terletak di Kawasan Deltamas, yang memiliki luas lahan sirkuit mencapai 30 hektare. Dalam sirkuit terdapat beberapa karakter jalan beraspal, on road dan off road.

Baca juga: Tepok jidat! Porsche luncurkan 911 pelangi dukung kaum gay di Jerman

Produsen Honda sendiri saat ini baru memiliki fasilitas pelatihan yang lokasinya dekat dengan Jakarta, meski Honda memiliki beberapa fasilitas safety riding lainnya yang berada di beberapa daerah seperti Medan dan beberapa di daerah lainnya.

Fasilitas sirkuit safety riding
Fasilitas sirkuit safety riding Foto: AHM

Fasilitas tersebut, dibangun bersama jaringan main dealer Honda yang berada di daerah sebagai salah satu program kampanye rutin pelatihan safety riding yang digalakkan produsen Honda. Tak hanya itu, fasilitas juga digunakan untuk mencetak instruktur safety riding di seluruh Indonesia.

Para instruktur safety riding yang berasal dari beberapa main dealer di Indonesia, akan ditugaskan menularkan virus cara berkendara aman dengan sepeda motor di jalan raya.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close