Otomotif

Dua jempol, Polisi Indonesia berhasil razia Honda BeAt Thailand

Razia patuh yang tengah dilaksanakan pihak kepolisian, baru-baru ini berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Honda BeAt yang belakangan diketahui berasal dari Thailand.Polisi Indonesia berhasil menjaring pengendara Honda BeAt Thailand tersebut saat melintas di jalan raya yang sedang laksanakan razia patuh.

Peristiwa razia yang berhasil mengamankan motor asal Thailand itu, membuat beberapa polisi merasa sangat senang atas pencapaiannya bisa menindak pengendara yang tengah mengendarai Honda BeAt asal Thailand.

Saat terjaring razia dan pengendara turun dari sepeda motornya, beberapa rekan polisi tampak merekam peristiwa penindakan pelanggaran yang dilakukan pengendara Honda BeAt Thailand. Salah satu polisi bahkan mengucapkan salam Sawadikap kepada pengendara yang berarti bisa selamat datang, selamat pagi maupun selamat lainnya.

Razia motor Honda BeAt Thailand
Razia motor Honda BeAt Thailand Foto: Instagram

“ini motor Thailand ini, dapat motor Thailand, sawadikap,” seloroh petugas polisi yang berhasil menilang pengendara Honda BeAt Thailand tersebut seperti dikutip akun instagram @jakarta.keras.

Saat mengucapkan salam kepada pengendara Honda BeAt Thailand tersebut, kamera salah satu petugas yang merekam kejadian tersebut memfokuskan tayangannya pada plat nomor kendaraan yang digunakan pengendara.

Baca juga: Diam-diam Suzuki bikin kembaran Toyota Raize & Daihatsu Rocky

Terlihat pengendara motor Honda BeAt tersebut menggunakan plat nomor asal Thailand yang diperkirakan dibuatnya secara khusus agar motornya tampil beda dibanding Honda BeAt yang ada di jalan raya.

Dalam plat nomor tersebut terlihat tulisan Thailand yang memang banyak diketahui memiliki bentuk atau aksara yang berbeda dibanding negara lain. Pada plat nomor juga tampak dua bendera Indonesai dan Thailand.

Honda BeAt Thailand
Honda BeAt Thailand Foto: Instagram

Meski tidak diketahui maksud dan tujuan penggunaan nopol kendaraan asal Thailand, namun negara gajah putih tersebut memang dikenal memiliki perkembangan teknologi sepeda motor yang berbeda dengan Indonesia. Selain itu dari trend aksesori modifikasi banyak kalangan muda yang berkiblat ke negeri Thailand.

Honda BeAt Thailand merupakan kendaraan yang dimiliki warga Indonesia, plat nomor yang digunakan diakuinya sebagai aksesoris belaka agar tampil beda. Meski demikian, polisi tetap menindak kesalahan pengendara.

Honda BeAt Thailand
Honda BeAt Thailand Foto: Instagram

Dalam razia tersebut pengendara dinilai dan terbukti menyalahgunakan plat nomor kendaraan asli yang diganti dengan plat nomor aksesoris yang tidak sesuai dengan aturan yang ada di Indonesia. Atas kesalahannya, pengendara dikenakan Pasal 68 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009.

Pelanggaran terhadap pasar tersebut, pelanggar dikenakan sanksi kurungan penjara selama 2 bulan atau denda maksimal sebesar Rp500 ribu.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close